Berita

Sosialisasi Pembentukan Model Pemberdayaan Masyarakat di Dusun Sulangkidul

Kamis Wage, 30 Maret 2017 14:22 WIB 2871

foto
I Nyoman Gunarso, S.Psi, M.Psi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat saat melakukan Pelantikan pengurus Forum Komunikasi Kesehatan Desa (Forkomkesdus) bersama pengurus Forkomkesdus Dusun Sulangkidul, pada 29 Maret 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes- Dinas Kesehatan Bantul pada Rabu ini (29/3) mengadakan Sosialisasi Pembentukan Model Pemberdayaan Masyarakat di Dusun Sulangkidul. Sosialisasi diisi oleh I Nyoman Gunarso, S.Psi, M.Ps, Kabid Kesmas, dr Abednego Dani Nugraha, Kasie Survelians dan Imunisasi, dr Karmijono Pontjo W Kasie P2 PTM, dan Fatmah, SST staf Seksi Kesga dan Gizi.

Bertepatan di Aula Desa Patalan, acara ini dihadiri 20 warga Dusun Silangkidul. Mereka adalah perangat Dusun, Tokoh Agama (Toga), Tokoh Masyarakat (Toma), Karang Taruna dan Kader PKK.

Baca: Dusun Tilaman Resmi Bentuk Forum Komunikasi Kesehatan Desa

“Dusun sehat merupakan wadah untuk mengatasi masalah kesehatan karena 70% dari pengentasan masalah kesehatan merupakan kerjasama lintas sector termasuk didalamnya masyarakat,” ujar Epi Rayawati, S.ST.  jar Epi Rayawati, S.ST selaku Kepala Puskesmas Jetis II.

Sosialisasi pemberdayaan masyarakat kali ini merupakan rangkaian dari program pemberdayaan masyarakat yang dilakukan oleh Dinkes Kab. Bantul dalam rangka meningkatkan peran aktif masyarakat dalam mengatasi dan menjaga kesehatan. “pemberdayaan masyarakat mandiri merupakan paradigma kerja yang sedang dibangun oleh Dinkes, sehingga kegiatan ini menjadi penting demi terwujudnya paradigm tersebut,” ujar I Nyoman Gunarso, S.Psi, M.Ps, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas).

Baca Juga: Revitaslisasi Desa Siaga: Dinkes Undang 40 Lurah

Kegiatan ini disambut baik oleh Lurah Desa Patalan maupun Kepala Dusun Sulangkidul.  “mari kita bareng-bareng berjuang mewujudkan Sulangkidul sehat, patalan sehat dan bantul sehat,” kata Lurah Desa Patalan. Ia juga menegaskan bahwasanya usaha yang masyarakat Dusun Sulangkidul akan dinikmati oleh masyarakat sendiri.(YA)

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat