Berita

Dusun Dokaran Waspada Kanker

Ahad Pahing, 2 April 2017 14:22 WIB 2912

foto
Para Warga sedang mendengarkan penjelasan dari dr.Wahyu Pamungkasih M.Sc(FM), selaku Kepala Puskesmas Banguntapan II, saat Kerjabakti Dusun pada Minggu, 2 April 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes-Minggu pagi (2/4) bertepatan di Balai Dusun Dokaran Desa Tamanan, Banguntapan puluhan warga Dokaran  berkumpul  untuk melaksanakan Kerjabakti Rutin Dusun. Berbeda dari kerjabakti sebelumnya kali ini perangkat dusun mengajak Puskesmas Banguntapan II untuk memberikan penyuluhan.

"Kami ingin masyarakat Dusun Tamanan sehat selalu, kami sangat khawatir dengan jumlah penderita kanker yang tinggi dikalangan masyarakat. Olehkarena itu untuk menjegah penyakit ini, kami mengajak Puskesmas Banguntapan II untuk memberikan penyuluhan guna menjaga dari penyakit yang mengerikan itu," papar Kepala Dukuh saat melakukan kerja bakti bersama warganya.

Baca: Puluhan Pemuda Grojogan Megikuti Sosialisasi Pencegahan Penyakit Tidak Menular

Pada Sosialisasi Kanker di isi langsung oleh dr.Wahyu Pamungkasih M.Sc(FM), selaku Kepala Puskesmas Banguntapan II. Tak hanya tentang kanker dr. Wahyu juga menjelaskan tentang penyakit lain seperti stroke beserta pencegahannya.

dr.Wahyu menjelaskan situasi kanker yang ada di Indonesia dan mengajak masyarakat untuk "Waspada" pada gejala umum kanker yaitu Waktu BAB/BAK terdapat perubahan kebiasaan atau gangguan,Alat pencernaan terganggu atau sulit menelan, Payudara/ lokasi lain terdapat benjolan, Andeng andeng( tahi lalat) berubah sifat,membesar/ berdarah,Darah/lendir tidak normal keluar dari lobang lobang tubuh,Ada koreng/ luka yang sulit sembuh. Selain itu masyarakat dimohon untuk meningkatkan Germas untuk menurunkan faktor resiko kanker yaitu dengan makan sayur buah,beraktivitas fisik agar berat badan terjaga dan cek kesehatan secara rutin.

Ajakan Germas ini langsung disambut tindak lanjut komitmen dari Dukuh Dokaran dengan akan melakukan " katesisasi"( penanaman kates- pepaya) di setiap rumah untuk mendukung Germas makan sayur dan Buah pada kegiatan kerja bakti yang akan datang.dr.Wahyu juga mendorong terbentuknya Posbindu di Dusun Dokaran untuk mengelola penyakit tidak menular yang lain yaitu utamanta hipertensi dan DM. (YA)

Baca Juga: Puskesmas Pandak II Gelar Sosialisasi Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok di Dusun Tirto

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat