Berita

Dinkes Ambil Bagian di Gelaran Pesta Rakyat “Sambung Roso”

Kamis Legi, 6 April 2017 08:07 WIB 2741

foto
Bupati Bantul Drs. H. Suharsono saat melakukan pemeriksaan kesehatan di dampingi drg. Maya Sintowati Pandji, MM Kepala Dinkes Kabupaten Bantul pada Minggu, 26 Maret 2016. Promkes/YA

Bantul, Promkes- Minggu (26/3), Bupati Bantul Drs. H. Suharsono menggelar pesta rakyat dengan tajuk “Sambung Roso” di kediaman pribadinya. Pesta rakyat sambung rasa Bupati Bantul dengan masyarakat ini dikemas dengan berbagai kegiatan mulai kerja bakti, pemeriksaan kesehatan, senam sehat anti diabetes, dahar kembul (makan bersama Bupati), pertunjukan musik Koes Plusan hingga gelaran mancing bersama.

Pesta rakyat ini merupakan bentuk komitmen Bupati Bantul dalam rangka membumikan Germas (Gerakan Masyrakat Hidup Sehat) dan mewujudkan Bantul Besih Sampah 2019.  Drs. H. Suharsono menegaskan bawasanya kesehatan merupakan modal utama pembangunan, oleh karena itu masyarakat Bantul harus selalu menjaga kebersihan, kesehatan dan guyub rukun menciptakan lingkungan yang aman dan tenteram.

“visi misi kami untuk mensejahterakan masyarakat Bantul yang prioritas adalah kesehatan, pendidikan dan kesejahteraan. Olehkarenanya pada kesempatan ini saya mengajak semua komponen masyarakat Bantul bekerja sama dalam mewujudkan Bantul Sehat dan Bantul Bersih Sampah 2019,” tambah  Drs. H. Suharsono.

Saat berlangsung tiba-tiba hujan lebat, hingga kegiatan kerja bakti dan mancing bersma harus ditunda pada hari selasa. Namun hal ini tidak mengurangi antusias warga Bantul, terbukti Bupati dan pejabat Pemkab Bantul membaur bersama warga tiada lagi sekat-sekat memisahkan di antara yang hadir dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan yang diadakan Dinkes.

“Kami sangat berantusias untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, karena kegiatan ini merupakan ajang menggiatkan kembali Germas sekaligus dan tentunya mewujudkan Visi Bantul mewujdukan masyarakat Bantul yang sehat” ujar drg. Maya Sintowati Pandji, MM Kepala Dinkes Kabupaten Bantul.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, sebagai bagian garda terdepan kemajuan kesehatan Bantul mengambil bagian dalam rangkaian pesta rakyat tersebut. Rangkaian acara yang merupakan bentuk Germas, Dinkes  mengadakan pemeriksaan kesehatan melalui penggalian faktor risiko PTM bagi warga Bantul. Dalam pemeriksaan kesehatan ini Dinkes menugaskan 15 dokter dan petugas kesehatan lainnya termasuk kader Posbindu.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinkes meliputi, wawancara (penggalian informasi factor risiko), pengukuran (berat badan, tinggi badan, Indeks Masa Tubuh (IMT), lingkar perut, tekanan darah, pemeriksaan gula darah&kolester), konseling dan penyuluhan mengenai Penyakit Tidak Menular(PTM). Kegiatan pemeriksaan kesehatan ditutup dengan Gerakan mengkonsumsi buah dan sayur yang disedakan oleh Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan Perikanan. Selanjutnya adalah senam bersama dengan Bupati. (YA)

Baca: Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, Dinkes Undang Seluruh Petugas P-care dan Prolanis se-Kabupaten Bantul

Baca Juga: Revitaslisasi Desa Siaga: Dinkes Undang 40 Lurah



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat