Berita

1200 Guru Bantul Deklarasi Hidup Sehat di Kampanye Germas

Selasa Pahing, 2 Mei 2017 08:48 WIB 3322

foto
Drs H Abdul Halim Muslih saat memberikan sambutan di Kampanye Germas 2017 lalu di Gedung Perwacy

Bantul, Dinkes-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul terus melakukan berbagai upaya mengajak masyarakat hidup sehat. Terbaru pada Kamis lalu (27/4) mengadakan Kampanye Germas  yang diikuti oleh 1200 Guru Se-Kabupaten Bantul.

Kampanye yang mengambil tema “Mewujudkan Germas, Lahirkan Generasi Hebat!” ini di buka langsung oleh Wakil Bupati Bantul Drs H Abdul Halim Muslih. Dalam pembukaannya ia memenegaskan kepada warga bantul untuk selalu melakukan tiga fokus Germas yaitu aktifitas fisik, makan buah dan sayur dan juga rutin mengecek kesehatan di pelayanan kesehatan terdekat.

“Saya prihatin dengan lifestyle anak-anak kita, mereka lebih suka makan makanan junkfood serba instan padahal makanan itu tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu perlu adanya reformasi makan!, mari kita makan makanan dari tanah air kita sendiri, makanan khas Indoneasia,!” tegasnya .

Kepala Dinkes Bantul drg Maya Sintowati Pandji, MM mengatakan permasalahan kesehatan di masyarakat tidak hanya bisa diselesaikan oleh Dinkes namun perlu bantuan dari semua sektor baik pemerintah maupun masyarakat.

 “Tantangan kampanye kesehatan tidakhanya diselesaikan oleh Dinkes saja, namun butuh kerjasama semua sektor termasuk bidang pendidikan. Guru sebagai teladan di sekolah dapat gethuk tular kepada anak-anak didik untuk terus berprilaku hidup sehat,” ujar drg Maya.

Hal sedana juga diungkapkan oleh penyelenggara kampanye yaitu seksi Promosi dan Kesehatan Masyarakat (Promkes). I Nyoman Gunarsa, S.Psi, M.Psi Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat mengungkapkan bahwa timnya sebagai garda terdepan promosi kesehatan Dinkes selalu berupaya terus mengajak semua elemen masyarakat untuk selalu hidup sehat dengan berbagai kegiatan salah satunya melalui kampanye germas.

“ Acara kali ini merupakan acara puncak dari rangkaian kegiatan yang kami lakukan, karena kami juga sudah mengadakan lomba kreasi jingle germas, dan lomba bekal sehat bagi seluruh guru di Kabupaten Bantul,” ungkapnya.

Lomba Jingle dimenangkan oleh Resti Dwi Mulyani, S.S dari TK Al-Azhar 38 Bantul, Suprihatin, S.Pd Aud dari TK Pembina Bantul, dan Suparsih dari TK Pertiwi 50 Bambanglipuro. Sedangkan Lomba Bekal Sekolah Sehat dimenangkan oleh Diyah Isnani, S.Pd dari SD Bogo Wijorejo Pandak, Sri Astuti Nurkhasanah, S.Pd dari SD Bogo Wijorejo Pandak dan Umi Astuti, S.Pd dari SMP N 1 Pajangan

Dalam kampanye kali ini, tak hanya ada pembagian hadiah bagi pemenang Lomba jingle germas dan lomba bekal sehat namun juga ada prosesi makan buah bersama dengan Wakil Bupati Bantul sebagai simbol cinta buah dan sayur serta deklarasi hidup sehat oleh 1200 guru di Bantul yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Bantul. Acara diakhiri dengan penyampaian materi oleh Nyoman Kabid Kesemas dan Dra RA Yayi Suryo P, M.Si, Ph. D Dosen Fakultas Kedokteran UGM(YA)



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat