Berita

Pertemuan SDIDTK bagi Guru Paud Se Kabupaten Bantul

Jumat Pahing, 12 Mei 2017 13:08 WIB 3768

foto
Braghmandita W.I, MSc, Sp.A saat menyampaikan materi kepada 30 guru Paud di Bantul di Aula Rumah Dinas Bupati Bantul pada Senin Mei 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Sebanyak 30 guru Paud Se-Kabupaten Bantul  mengikuti “Pelatihan Stimulasi Deteksi Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTK)”. Acara yang diselenggarakan di Aula Rumah Dinas Bupati ini merupakan upaya Dinkes dalam rangka mengimplementasi penerapan PAUD holistic intergratif. Dimana SDIDTK merupakan metode pemantauan tumbuh kembang anak yang diintegrasikan dengan fasilitas Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan Guru PAUD.

Baca: Dinkes dan IDI Ajak Seluruh Dokter Di Bantul Turunkan AKI

“Pemerintah berusaha melakukan berbagai upaya pembinaan tumbuh kembang anak salah satunya melalui kegiatan SDIDTK ini. Alasanya karena partsipasi masyarakat dalam kegiatan posyandu masih rendah dan masih belum menyentuh pada aspek pemantauan tumbuh kembang secara menyeluruh. Sehingga pembinaan tumbuh kembang anak diintegrasikan dengan fasilitas pendidikan, dalam hal ini PAUD,” terang drRr. Anugerah Wiendyasari Kepala Seksi (Kasie) Kesehatan keluarga dan Gizi (Kesga Gizi).  Ia juga menambahkan pelatihan dan pendampingan peran guru PAUD kali ini peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru sehingga cakupan pemantauan penyimpangan pertumbuhan dan perkembangan anak prasekolah akan terdeteksi secara dini.

Kegiatan pertemuan kali ini diselenggarakan dalam dua hari yaitu Senin (8/5) dan Selasa (9/5) ini  diisi langsung oleh parkar tumbuh kembang anak yaitu dr. Mei Neni Sitaresmi, PhD, SpA(K) dan dr. Braghmandita W.I, MSc, Sp.A dari Sub Bagian Tumbuh Kembang Anak-Pedsos, FK UGM, RS dr. Sardjito.

“Usia Dini merupakan periode dimana pengaruh lingkungan-stimulasi atau pengalaman terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak maksimal, sehingga ini perlu banyak dukungan yang tepat dari lingkungan termasuk lingkungan prasekolah,” jelas dr. Mei di depan para Guru PAUD. Ia juga menegaskan bahwa para Guru wajib mengetahui stimulasi yang tepat yang diiringi dengan kemampuan deteksi dini berkaitan tumbuh kembang anak dengan panduan buku KIA, SDIDTK.

dr. Braghmandita juga menjelaskan dalam melakukan Deteksi dini penyimpangan perkembangan guru wajib melakukan deteksi dini penyimpangan pertumbuhan (cek berat badan, tinggi badan, lingkar kepala, dan lihat perkembangan grafiknya) dan deteksi dini penyimpangan perkembangan (tes daya dengar, pengelihatan serta tanyakan perkembangan anak dengan kuesioner pra skrining perkembangan dan masalah prilaku dengan kuesioner Masalah Mental Emosional, Cheklist for Autism in Toddlers serta Formulir Gangngguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktifitas). (YA)

Baca Juga: Peduli Kesehatan Remaja, Dinkes adakan Bimtek Pelayanan Kesehatan Peduli Remaja (PKPR)



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat