Berita

Dinkes Tegaskan Seluruh Dokter di Bantul Wajib Miliki STR dan SIP

Senin Pahing, 22 Mei 2017 10:09 WIB 3379

foto
drg Maya Sintowati Pandji, MM Kepala Dinkes Kabupaten Bantul (kanan) dan dr Joko Murdiyanto, SpAn MPH Ketua Biro Hukum dan Pembinaan/Pembelaan Anggota (BHP2A) IDI Wilayah DIY (kiri) pada acara "Pembinaan Hukum dan Perijinan serta Sosialisasi P2BK Online" pada Sabtu, 20 Mei 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Ikatan Dokter Indonesia (IDI)  bersama Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul terus melakukan inovasi untuk memperbaiki system perizinan praktek bagi dokter. Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan “Pembinaan Hukum dan Perijinan serta Sosialisasi P2BK Online” di Hotel Ros In Jalan Ring Road Selatan,Sabtu (20/5).

“Semua Dokter yang melakukan praktik di wilayah Kabupaten Bantul wajib memiliki STR (Red Surat Tanda Registrasi) dari Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dan Surat Izin Praktek (SIP),”  ujar drg Maya Sintowati Pandji, MM Kepala Dinkes Kabupaten Bantul saat mengisi materi berkaitan perijinan di depan para dokter. Ia juga menegaskan STR harus diurus 6 bulan sebelum STR habis masa berlakunya sebab STR dan SIP merupakan bentuk legalitas bagi dokter untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Sesuai undang-undang praktik kedokteran, dokter yang tidak memiliki izn praktik (SIP) bisa dikenakan pidana penjara paling lama tiga tahun atau denda 100 juta,” tambah drg Maya.

“Pengurusan STR dan SIP bagi dokter merupakan upaya meminimalisir dokter di Bantul tersandung kasus hukum dan pembatalan klaim BPJS,” tambah dr Joko Murdiyanto, SpAn MPH Ketua Biro Hukum dan Pembinaan/Pembelaan Anggota (BHP2A) IDI Wilayah DIY.

dr Joko juga menghimbau agar dokter dalam melakukan pelayanan harus sesuai dengan standar operasional dan kode etik dokter.

“Kerja-kerja kita harus ikhlas dan sesuai prosedur, hati kita akan nyaman dan aman,” tegas dr Joko.  (YA)

Baca Juga: Dinkes dan IDI Ajak Seluruh Dokter Di Bantul Turunkan AKI



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat