Berita

Ingat, Imunisasi Measles Rubella (MR) Serentak digelar Agustus-September 2017

Selasa Legi, 25 Juli 2017 10:53 WIB 3023

foto
dr Pramudi Darmawan WW. M.Kes Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul pada Senin, 24 Juli 2017 saat memberikan penjelasan berkaitan pelaksanaan Imunisasi MR di Kabupaten Bantul di Aula RS Griya Mahardika. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes - Dunia kini tengah dibuat khawatir dengan penyebaran virus Rubella yang biasa menyerang anak-anak dan ibu hamil. Meski sering dianggap sepele, namun ternyata virus tersebut bisa menyebabkan kelainan telinga, mata dan jantung hingga kematian pada janin.

Kekhawatiran inilah yang kemudian membuat pemerintah menyelenggarakan kampanye imunisasi Measles Rubella (MR) di bulan Agustus hingga September 2017 untuk Pulau Jawa termasuk didalamnya Kabupaten Bantul.

dr Pramudi Darmawan WW. M.Kes Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, Senin (24/7) mengatakan imunisasi tersebut digelar gratis untuk semua anak usia 9 bulan hingga 15 tahun di Kabupaten Bantul. Menurut dia, imunisasi tersebut bertujuan menciptakan lingkungan yang kebal terhadap Rubella sehingga 2020 Bantul akan bebas dari Rubella yang tentu bakal menambah kualitas hidup masyarakat.

"Kami lakukan Agustus untuk sekolah di 1.174 lokasi, mulai Paud hingga setingkat SMP, sasaran anak sekolah kurang dari16 tahun yang jumlahnya mencapai 153.221 anak. Sementara untuk September kita sasar balita di mana petugas akan mendatangi posyandu di masing-masing dusun," terangnya.

dr. Abednego Dani Nugroho Kepala Seksi Survelensi dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Bantul menambahkan imunisasi MR nantinya bakal dilaksanakan oleh petugas dari Puskesmas dengan mendatangi sekolah secara bergiliran. "Negeri dan swasta semuanya akan dilakukan imunisasi karena biasanya Rubella menyerang anak jadi kita berusaha ciptakan kawasan kebal, kalau anak aman maka harapannya untuk ibu hamil juga akan aman," sambungnya. Dinkes/YA



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat