Berita

Optimalisasi Ambulance Desa, Dinkes Undang Lintas Sektor

Jumat Legi, 4 Agustus 2017 13:56 WIB 3029

foto
Para Peserta acara koordinas "Optimalisasi Ambulance Desa dan Penanganan Pertama Kegawatdaruratan" di Aula Dinas Pendidikan dan Olahraga pada Senin, 31 Juli 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul Bambang Agus Subekti, SKM., MPH.,  menegaskan bahwa Ambulan Desa merupakan upaya bersama litas sector baik pemerintah maupun masyarakat guna menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) maupun Angka Kematian Bayi (AKB). Timbul desa adalah singkatan dari Optimasilasi Ambulan Desa guna mengatisipasi Angka Kematian Ibu (AKI).

Baca: Dinkes dan IDI Ajak Seluruh Dokter Di Bantul Turunkan AKI

“AKI di Kabupaten Bantul memang dari tahun 2014-2016 mengalami penurunan, namun demikian dengan dilakukan berbagai upaya dapat “menzerokan”  AKI di Kabupaten Bantul, dan itu adalah butuh komitmen dan usaha kita,” terang BAS, nama panggilannya.

Pada tahun 2014 total Aki di Bantul tercatat sebanyak 14 kasus menurun menjadi 11 kasus pada tahun 2015. Sementara di tahun 2016 lalu mengalami kenaikan dengan jumlah kasus AKI sebanyak 12 kasus. Dimana penyebab paling banyak adalah hypertiroid, jatung, hypertensi dan kanker.

“Ambulan Desa juga merupakan salah satu komponen Desa  Siaga, yang merupakan program Dinkes yang bersumberdaya masyarakat atau UKBM (Upaya Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat-red),” terang Sri Sudewi, ST., MPH., Kepala Seksi Promosi dan Kesehatan Masyarakat.

Baca: Dinkes Bantul Dorong Keberpihakan Alokasi Dana Desa untuk Kesehatan

Kegiatan yang diikuti oleh 60 peserta dari 3 sector (polsek, koramil serta puskesmas) se Kabupaten Bantul ini selain membahas mengenai Ambulan Desa, juga memberikan penyuluhan berkaitan dengan upaya penanganan pertama saat mengalami kegawatdaruratan.

“Mereka adalah orang yang dekat dengan masyarakat, jadi mereka perlu memahami bagaiman memberikan pertolongan pertama pada kegawatdaruratan” ujar Ibu Dewi. Dinkes/YA



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat