Berita

Puskesmas Pleret Terpilih Puskesmas Berprestasi Tingkat DIY

Selasa Kliwon, 8 Agustus 2017 14:57 WIB 3659

foto
Karyawan Puskesmas Pleret Foto Bersama saat Penilaian Puskesmas Berprestasi. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Puskesmas Pleret, Kabupaten Bantul berhasil meraih Puskesmas Berprestasi kategori pedesaan tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta. Penghargaan ini diberikan oleh Drg. Pambajun Setyaningastutie, M.Kes Kepala Dinas Kesehatan DIY teranggal 11 Juli 2017.

Prestasi yang diperoleh ini tidak lepas dari komitmen bersama antara Puskesmas Pleret dan Pemerintah Kabupaten Bantul untuk terus meningkatkan sarana dan prasarana dan inovasi di Puskesmas.

“Peran puskesmas sangat penting, karena puskesmas sebagai penyedia layanan kesehatan primer merupakan garda terdepan dalam penyelenggraaan upaya kesehatan dasar sekaligus sebagai tolak ukur pelayanan public dibidang kesehatan,” ujar Drs. H Suharsono Bupati Kabupaten Bantul pada saat memberikan sambutan penerimaan tim penilai puskesmas berprestasi 2017.

“Kami berusaha semaksimal mungkin mewujudkan layanan prima bagi masyarakat Pleret, dengan meluncurkan 9 program inovasi yang merupakan bentuk upaya promosi perventif berbasis pemberdayaan masyarakat,” terang dr Fauzan Kepala Puskesmas Pleret, (8/8).

Baca: Mewujudkan Layanan Prima, Puskesmas Pleret luncurkan 9 Program Inovasi Kesehatan

9 program inovasi tersebut adalah Kabar Purba (Kawasan Bebas Asap Rokok Purworejo Bawuran), Pager Sibotak (Pekkan Gerakan Imunisasi Boster Serentak), MBS Pleret Berkokok (Boardingschool Pleret Pesantren Sehat Bebas Asap Rokok dan Oke), Kriepek Paru (Kita Perangi Penyakit Paru), Tuman Balita (Kartu Pemantauan Balita), Jamuku (pemberian minum jamu gratis setiap rabu), Main KAR Free Day (Anak-anak boleh bermain dan kelekaran sepuasnya untuk memberikan rasa nyaman di puskesmas), Formalisasi (Forum Masyarakat Peduli Imunisasi) dan Kotak Rasa hatiku (Kota yang berisi kepuasan pengguna layan kesehatan.

“Harapan terdepannya tentunya pemberian pengharagaan ini menjadi semangat tersendiri bagi Puskesmas di Bantul, khususnya Pleret untuk terus berinovasi guna meningkatkan pelayanannya,” tambahnya. (Dinkes/YA)

Baca Juga: Puskesmas Banguntapan II: Puskesmas Satu Atap Pelayanan Kesehatan (SAPHA) Lansia



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat