Berita

Kabupaten Bantul Komitmen Wujudkan Kabupaten Sehat

Selasa Pahing, 19 September 2017 10:46 WIB 2200

foto
Bupati Bantul Drs H Suharsono bersama Ketua Tim Pusat Verifikasi Kabupaten Sehat saat Pembukaan Verifikasi Kabupaten Sehat di Hall Husada kabupaten Bantul pada Senin, 18 September 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Pemerintah Daerah Kabupaten Bantul menyambut Tim Verifikasi Penilaian Kabupaten/Kota Sehat Tingkat DIY 2017 pada Senin (18/9) ini. Tim verifikasi yang terdiri dari tiga personil ini diterima langsung oleh Bupati Kabupaten Bantul Drs. H. Suharsono di Hall Husada Kabupaten Bantul. 

Dalam kesempatan tersebut Bupati Kabupaten Bantul menyampaikan Pemda Kabupaten Bantul dalam kegiatan kabupaten sehat selalu menggunakan semangat gerakan, bukan program atau proyek.

“Kesehatan merupakan modal utama jalannya pembangunan, oleh karena itu kita berkomitmen mewujudkan Bantul Sehat, Cerdas dan Sejahtera  sebagai suatu gerakan yang berkesinambungan dalam pembangunan Kabupaten Bantul,” ungkap Bupati Bantul saat menyambut Tim Verifikator Kabupaten Sehat. Ia juga mengungkapkan pada tahun 2019 Bantul berkomitmen menjadi Kabupaten Bebas Sampah 2019.

Baca: Wabup: Kesehatan Pondasi Utama

Meningkatkan komitmen untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat guna mewujudkan visi-misi Kabupaten Bantul mewujudkan masyarakat sehat, cerdas dan sejahtera, sabar menyerap aspirasi masyarakat serta menjaga kebersihan lingkungan kerja merupakan hal yang Bupati Bantul terus tegaskan kepada teman-teman di pemerintah daerah.

“Saya tidak henti-hentinya mengajak teman-teman di kabupaten Bantul dalam bekerja harus sabar dalam melayani kesehatan, menjaga kebersihan lingkungan serta terus meningkatkan komitmen ketulusan dalam melakukan pelayanan,” tambahnya.

Keterpaduan dan kerjasama dari semua stakeholder terkait di Kabupaten Bantul cukup baik, sehingga Pada tahun 2011 Kabupaten Bantul mendapatkan penghargaan Kabupaten Sehat berupa Swasti Saba Padapa dengan tiga tatanan. Pada tahun 2013 kembali mendapatkan Swasti Saba Wierda dengan empat tatanan dan terakhir 2015 lalu Kabupaten Bantul memperoleh penghargaan Swasti Saba Wasitra dengan lima tatanan.

Eli Setyowati, SKM. MM Ketua Tim Pusat Verifikasi Kabupaten Sehat dalam sambutanya mengapresiasi komitmen dan langkah Bupati Bantul dan jajarannya dalam bekerja mewujudkan kabupaten sehat.

“Berdasarkan paparan Bapak Bupati tadi, saya dan teman-teman Tim Verifikasi menangkap keseriusan dan komitmen Kabupaten Bantul. Dan semoga semua inovasi yang dilakukan sangat bermanfaat bagi masyarakat,” ungkap Eli.

Di saat yang sama Hartadi Prasojo Ketua Forum Komunikasi (Forkom) Kabupaten Sehat mengungkapkan Kabupaten/kkota sehat merupakan pendekatan kesehatan masyarakat yang bertumpu pada kemitraan lintas sector dengan masyarakat dalam mengatasi masalah-masalah kesehatan baik lingkungan fisik maupun social. Dan untuk tahun ini hartadi mengungkapkan Kabupaten Bantul mengajukan 7 tatanan Kabupaten Sehat untuk mempertahankan Sawaasti Saba Wistara.

Verifikasi 7 Tatanan Kabupaten Sehat akan dilakukan dalam 7 sample lokasi yaitu: 1). Dusun Glogo panggungharjo Sewon dengan Inovasi Kawasan Kehidupan masyarakat Sehat dan Mandiri, 2). Dusun Karet dengan Inovasi Kawasan Ketahanan Pangan dan Gizi, 3). Parangtritis dengan Inovasi Kawasan Pariwisata Sehat, 4). Potorono dengan Inovasi Kawasan Pemukiman Sarana dan Prasarana Sehat, 5). Celan, Desa trimurti dengan Inovasu Kawasan Industri Rakyat Sehat, 6). Manding dengan Obyek Komplek Perkantoran Sehat, 7). Dusun Pancuran dengan Penataan Kawasan Hutan Wisata Sehat. Dinkes/YA

Baca Juga: Peningkatan Kapasitas KIA menjadi Kinerja Utama Dinkes