Berita

Guna Menjamin Mutu Pelayanan Kesehatan, Dinkes lakukan Monev Rumah Sakit se-Kabupaten Bantul

Rabu Pon, 20 September 2017 15:37 WIB 1721

foto
Foto bersama Tim Monev Dinkes Kabupaten Bantul dengan Jajaran RS KIA Ummi Khasanah usai kegiatan Monev pada Rabu, 20 September 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Guna menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit se-Kabupaten Bantul, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Rumah Sakit se-Kabupaten Bantul. Kegiatan ini selain meningkatkan mutu pelayanan juga sebagai monitoring pelayanan kesehatan sehingga menjadi bahan perbaikan pelayanan di Rumah Sakit. 

“Melaksanakan Monev adalah kewajiban kita Dinkes dalam memantau pelaksanaan Permenkes No 56 tahun 2014, dalam monev ini juga diharapkan kita dapat mmenampung kendala pelaksanaan Permenkes dalam pelayanan kesehatan,” terang RR Endah Wahyuni. SKM Ketua Tim Monev Rumah Sakit se-Kabupaten Bantul. Jadi kami harap kegiatan ini menjadi kegiatan rutin tahunan.

Di Kabupaten Bantul terdapat 16 Rumah Sakit yang terdiri dari rumah sakit umum dan rumah sakit khusus dengan berbagai tipe dari tipe B hingga D. 

“Dari 16 Rumah Sakit yang ada di Bantul, 6 diantaranya sudah dilakukan monev pada awal tahun lalu bersama Tim Monev DIY,” terang drg. Tri Wahyuni, MPH saat memberikan penjelasan pelaksanaan Monev di Ruang Rapat Affiat pada Selasa ini (19/9).

Dalam pelaksanaan Monev nantinya Tim akan terfokus kepada: pemenuhan Standar Pelayanan Minimal (SPM), keselamatan pasien, kuantitas & kulaitas sarana prasarana,bidang  farmasi, kuantitas & kulaitas SDM dan proses pelayanan sesuai aturan & kebijakan daerah.  
Dinkes/YA

Baca: Rapat Koordinasi Kajian Kemampuan Dokter di Puskesmas sesuai Permenkes No 514 Tahun 2015