Berita

Penyuluh Kespro di Puskesmas dan Guru harus paham psikologi Remaja

Jumat Kliwon, 22 September 2017 11:40 WIB 2193

foto
Veny Hidayat, M.Psi Psikolog dan juga Dosen UNY saat memberikan penjelasan mengenai teknik konseling kepada remaja di Aula Medika pada Selasa, 19 September 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Mewujudkan masyarakat yang berdaya saing diperlukan Sumber Daya Manusia yang berkualitas. Sehingga segala elemen masyarakat termasuk didalamnya remaja, perlu disentuh karena mereka adalah generasi penerus bangsa. Sentuhan edukasi mengenai Kesehatan reproduksi (Kespro) merupakan hal yang sangat penting diberikan. Pasalanya, jika pengetahuan seperti ini belum didapat oleh remaja dikhawatirkan akan terjadi hal negative. 

Oleh karena itu Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi (Kesga & Gizi) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul menyelenggarakan “Bimbingan Teknis (Bimtek) Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja”. Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Medika Dinkes ini dihadiri oleh Petugas psikolog puskesmas, penanggung jawab program remaja di puskesmas dan Guru BK SMA/Sederajat se-Kabupaten Bantul.

Dalam melakukan pelayanan kesehatan remaja perlunya pendekatan psikologis. Sehingga dalam kegiatan ini diundang juga narasumber Psikolog sekaligus dosen Psikologi UNY Veny Hidayat, M.Psi guna memberikan penjelasan teknik konseling kepada remaja. 

“Intinya remaja pada umunya masih labil dan tidak sepenuhnya konsekuensi perbuatan mereka mereka cenderung mudah mengikuti teman dibanding orang tua/guru oleh karena itu guru dan penyuluh kesehatan remaja perlu paham tentang psikologi remaja,” ujar Veny, Selasa (19/9). Ia juga menegaskan kepada Guru yang hadir untuk menjadikan guru sebagai tempat diskusi dan berbagi dengan anak, sehingga remaja tidak mudah dipengaruhi.

“Ini membuat remaja akan lebih mudah mendengarkan nasihat guru, sehingga keberadaan guru BK seperti temannya yang tidak menggurui,” tambahnya. 
Dinkes/YA

Baca: 8 Puskesmas di Bantul Sekarang Sudah Tersedia Layanan Psikologi