Berita

Peningkatan Mutu Pelayanan: Puskesmas Sewon I Gunakan Antrian Digital Mandiri

Selasa Wage, 26 September 2017 13:44 WIB 2329

foto
Salah satu pasien Puskesmas Sewon I saat mendaftar melalui mesin APM yang terletak di samping meja pendaftara, pada Senin, 25 September 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Puskesmas Sewon I terus berbenah dalam pelayanan kesehatan saat ada pasien datang, langsung ada petugas yang memandu mengambil nomor antrian di mesin “touch screen” hingga dipersilahkan ke ruang tunggu yang sudah disediakan.

“Keberadaan mesin Anjungan Pasien Mandiri ini jelas mempersingkat antrian, karena kami sering dapat masukan untuk mempermudah antrian,” ujar dr Jaka Hardalaksana Kepala Puskesmas Sewon II. Mesin yang dipasang sejak awal tahun 2017 ini selain mempersingkat antrean warga juga menertibkan pendaftaran. 

dr Jaka juga mengungkapkan pengunjung tak perlu khawatir kebingungan, karena sudah ada petugas yang akan memandu step pendaftaran. 
“Pengunjung tak perlu khawatir, karena kami sudah siapkan petugas yang siap memandu penggunaan APM,” tambahnya. Dan untuk pengunjung yang tidak memiliki ID juga tetap dapat menikmati layanan kesehatan, hanya saja antriannya terpisah. 

Ponidjah salah satu pengunjung Puskesmas Sewon I mengatakan awalnya sebagian besar warga yang ingin berobat di Puskesmas memang agak bingung dan canggung berkaitan pemakaian nomor digital untuk antre tapi lama-kelamaan biasa dan lebih enak lagi.  “Lebih mudah dan sama sekali tak perlu lagi harus berebut giliran berobat ke dokter atau ruang poli yang dituju,” ujarnya.

“Untuk tahun ini kami jadikan satu antrian namun kedepannya akan kami pisahkan antara ibu hamil, lansia dan pasien umum,” terangnya. 

Di Kabupaten Bantul selain Puskesmas Sewon I, Puskesmas lain seperti Puskesmas Banguntapan I, Puskesmas Kretek dan Puskesmas Pandak I juga sudah menerapkan APM. 

"Di Bantul ada 4 Puskesmas yang telah menggunakan APM, yaitu Puskesmas Banguntapan I, Puskesmas Pandak I, Puskesmas Kretek dan Puskesmas Sewon I," terang Dyah Pangestu Utami, SKM, MSE. Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Tradisional. Ia juga berharap APM dapat diadopsi di puskesmas lain agar pelayanan pendaftaran di puskesmas lebih cepat, masyarakat menjadi semakin nyaman dan puas. 
Dinkes/YA

Baca: Puskesmas Sewon II Tunjukan Pesonanya di depan Tim Surveior Akreditasi FKTP

Baca JugaTerapi Musik (Brain Booster) sebagai Program Inovasi Puskesmas Bantul I