Berita

Bimtek Petugas UKS Upaya Evaluasi dan Monitoring Kegiatan UKS

Kamis Legi, 28 September 2017 16:47 WIB 1929

foto
Bambang Agus Subekti, SKM, M.Kes Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat saat mengevaluasi program UKS di Kabupaten Bantul pada Rabu, 27 September 2017 di Hall Husada Dinkes. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Seksi Promosi dan Kesehatan Masyarakat (Promkes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul pada Rabu ini (27/9) menyelenggarakan “Bimbingan Teknis Petugas UKS”. Kegiatan yang diselenggarakan di Hall Husada Dinkes ini diikuti oleh seluruh petugas UKS di 27 Puskesmas. 

“Kegiatan ini merupakan upaya kami (red: Promkes, Dinkes) evaluasi hasil skrining kesehatan umum dan Gigi pada siswa baru dari TK hingga SMA se-Kabupaten Bantul,” terang Sri Sudewi, SST, MPH Kepala Seksi (Kasie) Promkes saat mengisi kegiatan Bimtek, Rabu (27/9). 

Selain Kasie Promkes acara ini juga dihadiri oleh Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat Bambang Agus Subekti, SKM, M.Kes. Bas, Kabid Kesmas juga menyampaikan Petugas UKS wajib update peraturan terbaru tentang pelaksanaan UKS cdan paham Definisi Operasional (DO) UKS dan macam-macam kegiatannya. 

Selain evaluasi hasil skreaning kesehatan, dalam kegiatan ini staf Prokes membagikan Buku Rapor Catatan Kesehatan Siswa dan Buku Petunjuk Teknis tentang Skrining Kesehatan. Buku yang diberikan oleh Kementrian Kesehatan (Kemenkes) ini nantinya akan dibagikan di 5 sekolahan yang ada di Kabupaten Bantul. 

“Nantinya Buku rapor tersebut akan kami distribusikan ke 4 sekolahan, yaitu SD Sayegan Pundong, SD Tamanan banguntapan, SD Padukan II Kasihan dan SD Bantul I”. Tambah Dewi. Ia menjelaskan Buku Rapor itu merupakan media pemantauan kesehatan peserta didik , sehingga kesehatan peserta didik dapat dipantau secara berkala oleh guru UKS dan petugas Puskesmas. 
Dinkes/YA