Berita

Puskesmas Sanden Jadi Lokasi Benchmarking Pertemuan Nasional FKTP Tahun 2017

Senin Kliwon, 2 Oktober 2017 15:12 WIB 2555

foto
Foto bersama usai Bencmarking Pertemuan Nasional FKTP Tahun 2017 di Halaman Puskesmas Sanden pada Kamis, 28 September 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Kamis (28/9) Puskesmas Sanden ditunjuk sebagai lokasi kegiatan Bencmarking pada Pertemuan Nasional FKTP Tahun 2017. Kegiatan ini bertujuan memberikan sharing  terhadap inovasi-inovasi yang telah dilakukan dan berdampak pada perbaikan kualitas pelayanan kesehatan di tingkat pelayanan kesehatan dasar.

Kepala BPJS Kesehatan Bantu Cabang Bantul dr Evi Retnonirlianti mengungkapkan sesuai dengan tema yang diusung “Mewujudkan Pelayanan Primer yang Bermutu Melalui pemenuhan Standar Kriteria oleh FKTP” diharapkan kegatan benchmarking atau kajibanding ini dapat menjadi upaya meningkatkan pelayanan kesehatan dagi peserta JKN dan membangun FKTP yang berkualitas.

Dyah Pangesti Utami, SKM, MSE Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan tradisional Dinkes Kabupaten Bantul saat memberikan sambutan mengungkapkan Dinkes sangat mendukung kegiatan ini dan diharapkan pertemuan ini diharapkan dapat menjadi sarana diskusi, berbagi pengalaman dan mencari solusi atau permasalahan terkait pelayanan kesehatan di FKTP. 

“Puskesmas Sanden adalah salah satu FKTP di Kabuupaten Bantul yang capaian KBKP (Kapitasi Berbaasis Komitmen Pelayanan) nya 100% dan telah melaksanakan PIS-PK (Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga),” tambahnya. 
KBPK merupakan program pembayaran yang diterapkan BPJS Kesehatan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan di FKTP. Penerapan KBKP juga merupakan bagian dari pengembangan system kendali mutu pelayanan yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas penyelenggaraan pelayanan kesehatan di FKTP termasuk Puskesmas. 

dr Anastasia Endar Kepala Puskesmas Sanden  menambahkan pendataan PIS-PK telah dilaksanakan di 1 Desa di Kecamatan Sanden, dimana tak hanya melakukan pendataan namun juga hal ini menjadi langkah penyelesaian masalah-masalah kesehatan yang ditemukaan saat pendataan dilaksanakan.
Lebih lanjut dr Endar menjelaskan bahwa kegiatan promotif dan preventif lainnya mereka lakukan dengan berbagai media baik social media juga melalui siaran radio local yang mencangkup wilayah sanden.  

“kami melakukan siaran kesehatan berkaiatan germas, info kesehatan dan dialog kesehatan setiap Rabu, di Radio Desa Sanden,” tambahnya

Selain itu inovasi lain yang dilakukan oleh Puskesmas Sanden dan Dinkes adalah Layanan Psikologi, upaya Dinkes meningkatkan pelayanan kesehatan jiwa di 8 Puskesmas salah satunya Puskesmas Sanden.

Baca: 8 Puskesmas di Bantul Sekarang Sudah Tersedia Layanan Psikologi

“Apapun kendala kami di Bantul, Pelayanan FKTP kami prioritaskan dengan mendorong Puskesmas membuat Inovasi yang sesuai dengan pemasalahan dan karakteristik wilayahnya,” tegas Dyah.  

Menutup sesi diskusi dr. Endar menyampaikan dalam menjalankan tugas tentu ada kendala yang dihadapi namun Pemerintah Bantul, Dinkes bersama-sama mencari solusi dan saling mendukung agar pelayanan kesehatan di Kabupaten Bantul bisa terlaksana dengan optimal. Dinkes/YA

Baca Juga: Wabup: Kesehatan Pondasi Utama



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat