Berita

DPRD Tasikmalaya Kajibanding di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul

Kamis Pon, 5 Oktober 2017 08:06 WIB 2677

foto
Ketua Rombongan DPRD Tasikmalaya Ami Fahmi, ST menyerahkan cindera mata kepada Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Dra Ninik Istitarini, Apt. MPH dalam acara kaji banding DPRD Tasikmalaya ke Dinkes Kabupaten Bantul pada Kamis, 28 September 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Kamis lalu (28/9), rombongan DPRD Kabupaten Tasikmalaya melakukan studi banding di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Bertepatan di Aula Medika rombongan sebanyak 15 orang ini diterima langsung oleh Sekertaris Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Dra Ninik Istitarini, Apt. MPH dan didampingi oleh Dyah Pangesti Utai , SKM. MSE Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Tradisional (yankesdastrad) dan Saptono Iman Budi, SKM, M.Kes Kepala Seksi Kemitraan. 

Ketua rombongan Ami Fahmi, ST pada sambutanya mengungkapan, tujuan kunjungan kali ini adalah ingin mengetahui upaya Dinkes Kabupaten Bantul dalam pelaksanaan system BLUD  dan Jaminan Kesehatan di Puskesmas se-Kabupaten Bantul. Di Tasikmalaya masalah kesehatan mengalami berbagai kendala salah satunya dalam pembiyaan oleh karena itu DPRD bersama Pemda Tasikmalaya sedang mencari solusi yang efektif dan efisien terhadap masalah tersebut.  

Dra Ninik  mengungkapkan, 27 Puskesmas di Kabupaten Bantul telah menjadi BLUD semenjak 1 Januari Tahun 2015 guna meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Karena Pelayanan kesehatan masyarakat itu harus cepat tidak bisa menunggu mekanisme yang panjang seperti sebelumnya. 

“Apapun kendala kami di Bantul, Dinas Kesehatan selalu mempriorotaskan pelayanan FKTP berjalan dengan optimal,” tegasnya. 

Selain itu Ia juga mengungkapkan di Kabupaten Bantul ada berbagai macam Jaminan, dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), Jaminan Kesehatan Khusus (Jamkesus), Jaminan Persalinan (Jampersal), hingga Jaminan Kesehatan Sosial (Jamkesos). 

“Semuanya Program Jaminan Kesehatan yang ada di Kabupaten Bantul akan diverifikasi oleh kami dan OPD terkait 6 bulan sekali,” tegasnya. 

Semua hal yang dilakukan Dinkes dalam pemberian pelayanan tentunya mendapat  support penuh dari Pemerintah Kabupaten Bantul karena sesuai dengan visi-misi Bupati yaitu mewujudkan masyarakat yang sehat, cerdas dan sejahtera. 

“Melalui pertemuan ini, kami harap dapat menjadi salah satu refrensi kajian DPRD Tasikmalaya membuat regulasi berkaiatan pelayanan kesehatan,” pungkas 

Kunjungan diakhiri dengan penyerahan cinderamata dari DPRD Kabupaten Tasikmalaya kepada Dinkes. (Dinkes/YA)



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat