Berita

Kecamatan Pundong Jadi Lokasi Lomba TMKK tingkat DIY 2017

Kamis Pon, 5 Oktober 2017 14:00 WIB 2574

foto
Foto Bersama Bupati Bantul Drs H Suharsono, Tim Monev TMKK tingkat DIY, Letkol Inf. Agus Widianto Komandan KODIM 0729/Bantul pada Rabu, 4 Oktober 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Kecamatan Pundong  dilipih sebagai lokasi TNI Manunggal Keluarga Berencana (KB) Kesehatan (TMKK) tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Tahun 2017, Rabu (4/10). Mengambil tema “Melalui Bakti Sosial Seimbang dan Masyarakat Sehat” kegiatan ini diselenggarakan di Balai Desa Srihandoono, Pundong.

“Pundong dipilih sebagai kecamatan yang mewakili Bantul karena Pundong merupakan daerah yang mengalami kemajuan yang signifikan dalam pencapaian peserta KB,”  ujar Letkol Inf. Agus Widianto Komandan KODIM 0729/Bantul.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi TNI bersama BKKBN, Dinas Kesehatan, Kecamatan, Puskesmas hingga Desa dan Dusun untuk membangun kependudukan Indonesia agar tumbuh seimbang dengan daya dukung yang tersedia. 

“Implementasi Program KB harus menjadi gerakan yang diterima seluruh kalangan masyarakat dan berkesinambungan agar terwujud kualitas keluarga dan masyarakat yang seimbang,” terang Drs Suharsono, Bupati Bantul saat memberikan sambutan dalam kegiatan ini.

Ia juga menambhakna sesuai dengan visi-misi Kabupaten Bantul mewujudkan masyarakat sehat, cerdas dan sejahtera keberhasilan program imi tidak hanya masalah mengendalikan jumlah dan jarak kelahiran namun juga sejauhmana program ini dapat mengembangkan SDM yang professional dan mampun menghadapi masyarakt global. 

Tim Monitoring dan evaluasi (Monev) TMKK yang di ketuai oleh Kolonel Arm. Indo Respati, S.Sos Kasi Ter Korem 072 Pamungkas  terdiri dari TNI, Polri, Polda, BKKBN, Dinas Kesehatan, LANAL, LANUD, TPPPK dan Persit. 

“Kami disini bertugas melihat, mencatat, memonitor perkembangan atau hasil yang diperoleh . KB termasuk bina keluarga dan bagiamana aksi atau kegiatan terkait dengan masalah kesehatan untuk warga masyarakat,” ujar Kolonel Arm. Indo Respati, S.Sos.Ia juga mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program tahunan nasional guna mengedalikan laju penduduk serta pelayanan kesehatan sebagai bentuk pengabdian masyarakat. 

“Hidup sehat, unggul menuju generasi emas pada tahun 2020 itu adalah misi kita bersama dengan Presiden,” pungkasnya.

Dinkes/YA

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat