Berita

Tingkatkan Higienitas Makanan dan Minuman di Sekolah, Dinkes undang Penangungjawab Kantin Sekolah se-Kabupaten Bantul

Jumat Wage, 6 Oktober 2017 14:46 WIB 2946

foto
Nanang Kusworo,ST, MKM saat menyampaikan materi berkaitan dengan persyaratan tempat pengelolaan makanan dan minuman di Sekolah pada Rabu, 27 September 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Dalam sehari anak sekolah mengabiskan waktu 5-8 jam di sekolah. Dalam masa pertumbuhannya ini diperlukan asupan gizi yang cukup guna menunkang aktifitasnya. Berdasarkan riset pada usia sekolah 7-15 tahun, kebutuhan makan ditunjang oleh kebiasan jajan yang tinggi. Kebiasan jajan memberikan kontribusi terhadap konsumsi sehari dan kecukuypan gizi siswa. Kantin sekolah memiliki peran penting dalam penyediaan jasaboga di lingkungan sekolah untuk memenuhi keinginan makan anak pada saat jam sekolah. 

BPOM pada tahun 2008 di Indonesia jumlah korban keracunan pangan mencapai 25.268 orang. Dari keseluruhan kasus 80% terjadi pada anak sekolah.  Sedangkan riset pada 2010 BPOM menyatakan 40-44% jajanan anak sekolah belum memenuhi persyaratan sehat di konsumsi.

Oleh karena itu untuk menjaga kualitas makanan dan minuman yang dijajakan di sekolah aman Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga (KLKKO) Dinkes Kabupaten Bantul menyelenggarakan kegiatan “Penyuluhan Hygenitas Sanitasi untuk Penanggungjawab kantin sekolah”.

“Pihak pengelola kantin wajib memperhatikan kebersihan fasilitas dan tempat penjualan untuk mencegah kontimasi silang terhadap produk panganan, serta mempraktekan cara pengolahan pangan yang baik terutama memperhatikan persyaratan hygine dan sanitasi,” jelas Yanatun Yunadiana, S.Si. M.Si Kepala Seksi KLKKO, Rabu (27/9).

Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Medika Dinkes ini diikuti oleh 52 peserta yang merupakan perwakilan di berbagai sekolah di Kabupaten Bantul dari tingkat TK, SD, SMP hingga SMA. Peserta merupakan hasil penjaringan Dinkes yang bekerjasama dengan seluruh Puskesmas yang ada di Kabupaten Bantul.

“Peserta yang merupakan penanggungjawab kantin sekolah dan penjamah makanan diberikan penjelasana mengenai hal-hal penting terkait dengan makanan dan minuman serta tugas dan kewajiban selaku penyaji makanan,” tambahnya

Dalam kegiatan ini diisi berkaitan tentang resiko penyakit bawaan bahan makanan yang disampaikan oleh dr Abdenego Dani Nugroho, keamanan pangan dari bahan berbahaya oleh dra. Ismaryani,Apt. MPH,   persyaratan tempat pengelolaan makanan dan minuman di Sekolah oleh Nanang  Kusworo,ST, MKM dan hygine sanitasi makanan-minuman dan personal hygiene oleh Etty Dwi Riswanti,SKM.

“Buruknya sanitasi dan higinitas kantin di sekolah berujung pada kejasian berbagai penyakit seperti diare, sakit perut, thypus dan bahkan keracunan,” ujar Nanang.

“Kantin sekolah optimalnya tak hanya sebagai tempat pemenuhan nutrisi anak saat disekolah namun juga media edukasi kepada anak berkaitan dengan menerapkan prilaku hidup bersih dan sehat,” ujar Etty.  Dinkes/YA



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat