Berita

Dinkes Kabupaten Bantul sambut baik Pengabdian Masyarakat dari Poltekkes Kemenkes Surabaya

Senin Pahing, 9 Oktober 2017 08:57 WIB 2890

foto
Salah satu Dosen dan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektromedik, Poltekkes Kemenkes Surabaya saat melakukan Kalibrasi Alat Kesehatan di Puskesmas Sedayu I pada Jumat, 6 Oktober 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Jumat (6/10) Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdin) Kabuptane Bantul Dra Ninik Istitarini, MPH menyambut rombongan Pengabdian Masyarakat dari Poltekkes Kemenkes Surabaya. Rombongan dosen dan mahasiswa yang dipimpin oleh Ketua Jurusan Hergumiwang Ariswati, ST, MT. di sambut langsung di Aula Medika Dinkes Kabupaten Bantul.

Dalam sambutannya Ariswati mengungkapkan bahwa pengabdian masyarakat merupakan salah satu bagian dari Tri darma perguruan Tinggi yang harus dilaksanakan oleh sebuah isntitusi pendidikan tinggi, oleh karena itu civitas akademika Poltekkes Kemenkes Surabaya jurusan Teknik Elektromedik melaksanakan kegiatan Pengabdian Masyarakat berupa kunjungan ke empat Puskesmas di Kabupaten Bantul. 

Pengabidan masyarakat ini merupakan kegiatan yang meliputi pemeliharaan, perbaikan, dan kalibrasi internal alat kesehatan yang bertujuan agar peralatan kesehatan yang ada du puskesmas dapat berfungsi dengan baik dan aman untuk pasien sehingga dapat terwujud pelayanan kesehatan yang bermutu. Selain itu kegiatan ini juga berupa pemberian edukasi kepada petugas-petugas kesehatan tentang bagaimana menggunakan dan pemeliharaan alat kesehatan yang benar sehingga alat yang dimilikinya selalu dalam keadaan siap pakai. 

“Pengabdian masayarakat ini merupakan kegiatan dengan sekala nasional, kami telah bekerjasama dengan beberapa daerah di Indonesia seperti Bali, Surabaya, Semarang, Bantul dan daerah-daerah lain di Indonesia,” tambah Ariswati. 

Dra Ninik dalam sambutannya menyambut baik kegiatan tersebut dan mengharapkan kerjasama ini dapat berlanjut dengan baik. 

“Dengan kegiatan ini kami juga berharap sebagai pemicu kawan-kawan di Puskesmas untuk menjaga dan merawat alat-lat kesehatan yang ada di Puskesmas dengan melakukan kalibrasi secara berkala,” ujar Dra Ninik. 

Ia juga mengungkapkan empat Puskesmas yang dipilih untuk dilakukan kalibrasi adalah Puskesmas Sedayu I, Puskesmas Banguntapan III, Puskesmas Dlingo I, dan Puskesmas Dlingo II. Dinkes/YA

Baca: Dinkes lakukan Sosialisasi Jaminan Kesehatan kepada Camat dan Kepala Desa Se-Kabupaten Bantul

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat