Berita

Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Gelar Rapat Tinjauan Manajemen (RTM)

Rabu Legi, 18 Oktober 2017 08:21 WIB 2629

foto
Sekertiaris Dinas Kesehatan Dra. Ninik Istitarini, Apt. MPH selaku Manajer Representatif saat membuka kegiatan RTM pada Selasa, 17 Oktober 2017 di Aula Medika Dinkes. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul menyelenggarakan Rapat Tinjauam Manajemen (RTM) semester pertama tahun 2017 di Aula Medika Dinkes, Selasa (17/10. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian kegiatan memenuhi Sistem Manajemen Mutu (SMM) ISO 9001: 2015 di lingkangan Dinas Kesehatan. 

“RTM kali ini merupakan RTM semester pertama untuk bulan Januari-Juni 2017, sebelum melakukan  Audit Eksternal yang akan dilakukan pada bulan November 2017,” ujar Dra. Khusnaini Arifah, M.Si Sekertaris Tim ISO Dinkes. 

Sekertiaris Dinas Kesehatan Dra. Ninik Istitarini, Apt. MPH selaku Manajer Representatif membuka langsung kegiatan RTM menyampaikan, sesuai dengan klausul 5.6 yang menyebutkan bahwa pimpinan puncak harus meninjau system manajemen mutu organisasi pada selang waktu terencana untuk memastikan, kecukupan dan efektifitasnya terus berlanjut. Hal ini guna meningkatkan kinerja dan kualitas pelayanan public guna mewujudkan “good governance”. 

“Tinjauan RTM ini harus mencakup penilaian peluang koreksi dan keperluan akan perubahan pada system manajemen mutu, termasuk kebijakan mutu dan sasaran mutu,” ujarnya. 

Menurutnya, RTM sangat penting guna membahas tindak lanjut hasil Audit Manajemen Internal (AMI), Survey Kepuasan Pelanggan (SKP), Evaluasi Sasaran Mutu, Evaluasi  Manajemen Resiko yang sejalan dengan moto Dinkes yaitu melayani dengan cepat, tepat dan bersahabat. 

Dari pembahasan evaluasi AMI, SKP, Evaluasi Sasaran Mutu, serta Evaluasi Manajemen Resiko dari RTM dihasilkan beberapa rekomendasi untuk peningkatan pelayanan di Dinkes berupa Rencana Tindak Lanjut (RTL). Dinkes/YA

Baca: “Desk DAK” upaya Dinkes tersedianya Info Perencanaan Kesehatan di 27 Puskesmas

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat