Berita

Penjelasan Terkait Garam Dapur yang diduga Mengandung Pecahan Kaca

Rabu Legi, 18 Oktober 2017 15:21 WIB 2714

foto
Salah satu staf Perijinan dan Peningkatan Mutu saat melakukan konsultasi dengan Petugas Badan POM DIY, pada Rabu, 18 Oktober 2017.

Bantu,Dinkes-Berdasarkan beberapa laporan yang masuk ke Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul terkait garam dapur yang mengandung pecahan kaca, Dinkes mengkonsultasikan lebih lanjut kepada BPOM DIY pada Rabu, 18 Oktober 2017. Hasil dari konfirmasi tersebut BPOM menjelaskan bahwa sebelumnya BPOM telah mengeluarkan klarifikasi mengenai hal tersebut, tepatnya pada 18 Agustus 2017. 

Baca: Penjelasan Badan POM Terkait Garam Dapur yang Diduga Mengandung Pecahan Kaca

BPOM menjelaskan bahwa garam konsumsi beryodium yang dikenal denga garam dapur terdiri dari senyawa kimia Natrium Klorida (NaCl). Dalam proses pembuatanya kristaliasai garam akan menghasilkan Kristal NaCl berbentuk kubus dan ketika dihaluskan Kristal akan pecah menyerupai bentuk pecahan kaca. 

BPOM menyatakan bahwa secara rutin telah melakukan pengawasan termasuk sampling serta pengujian dan apabila ditemukan produk yang tidak memenui persyaratan maka produk diperintahkan untuk ditarik dari peredaran. Bersama dengan Dinas terkait, Badan POM terus berkoordinasi melakukan pengawalan terhadap keamanan dan mutu peredaran produk pangan. 

 Badan POM maupun Dinkes Kabupaten Bantul mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan selalu melakukan cek Kemasan, label, izin edar dan kedaluwarsa sebelum membeli dan mengkonsumsi makanan, minuman maupun obat. 
Dinkes/YA

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat