Berita

Sebanyak 102 Siswa SMP/MTs dan SMA/MA Se-Kabupaten Bantul Mengikuti Evaluasi Kader Kesehatan Remaja 2017

Jumat Kliwon, 27 Oktober 2017 11:54 WIB 2707

foto
Foto bersama Juri, Pendamping Peserta KKR dan Pemenang Evaluasi KKR 2017 pada Kamis, 26 Oktober 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Kamis (26/10), Sebanyak 102 Siswa dari SMP/MTS hingga SMA/MA berkumpul di Hall Husada Dinkes Kabupaten Bantul guna mengikuti “Evaluasi Kader Kesehatan Remaja”. Sri Sudewi, S.T,. MPH yang merupakan Kepala Seksi Promosi dan Kesehatan Masyarakat mengungkapkan peserta kegiatan ini merupakan perwakilan dari 17 Kecamatan di Kabupaten Bantul. 

“Lomba diikuti oleh 102 siswa yang terdiri dari 51 siswa dari SMP/MTS dan 51 Siswa dari SMA/MA, dimana mereka merupakan perwakilan dari 17 kecamatan” ujar Dewi. Dewi mengungkapkan dalam penjaringan peserta Dinkes bekerjasama dengan Puskesmas untuk mewakilkan 3 siswa SMp/MTS dan 3 Siswa SMA/MA yang mewakili setiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bantul.

Agenda Dinkes tahunan ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul drg Maya Sintowati Pandji, MM. Dalam sambutanya drg. Maya mengungkapkan kebanggaanya kepada peserta KKR dan berharap peserta terus semangat, giat belajar dan terus eksplore hal-hal positif yang bermanfaat. 

“Saya sangat bangga, ada 102 anak muda di depan saya yang memiliki semangat berbagi tentang masalah-maslah kesehatan, saya harap hal positif seperti ini harus didukung agar generasi muda ini memiliki daya saing untuk menghadapi persaingan global,” ungkap drg. Maya.  

Sementara itu Bambang Agus Seubekti, SKM, MPH Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) sekaligus Juri dalam kegiatan KKR tahun 2017 ini mengungkapkan upaya Dinkes meningkatkan kemampuan dan keterampilan  kader kesehatan remaja (KKR) saat menjadi agen kesehatan di sekolahan maupun lingkungan disekitar mereka. 

Kegiatan KKR ini dibagi menjadi tiga tahap. Tahap pertama adalah Seleksi tertulis, dimana peserta diberikan 40 soal multiple choice dan 5 soal essay. Dari tahap pertama nantinya akan dipilih 10 besar terbaik yang selanjutnya diikutkan pada seleksi tahap kedua. 

Tahap kedua adalah Seleksi wawancara, dalam tahap ini peserta harus melalui 5 meja wawancara dengan materi yang berbeda pada setiap meja. Tahap ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan dan keterampilan peserta sebagai kader kesehatan. Selanjutnya, tahap tiga yang merupakan tahap akhir dalam Evaluasi KKR. Dari tahap ini akan dipilih lima terbaik. 

Setelah melalui tahapan kegiatan evaluasi didapatkan lima terbaik untuk Evaluasi KKR tingkat SMP/MTS adalah Adila Ufair Nada Z dari SMP MBS Pleret (Juara 1: 295.68), Better Rizqi Aldi Wibowo dari SMP N 2 Srandakan (Juara II: 292.53), Anisa Yunita dari SMP N 1 Pandak (Juara 3: 282.21), Phidya Ayu Namira dari SMP N 1 Banguntapan (Harapan I: 269.78) dan Benita Ivan Palupi dari SMP N 2 Bambanglipuro (Harapan II: 242.23). 

Sedangkan lima terbaik untuk Evaluasi KKR tingkat SMA/MA adalah Putri Agista A dari SMA N 1 Jetis (Juara I: 321.91), Eylanda Gayatri dari SMA N 1 Jetis (Juara II: 314,58), Marsiatun Setyaningsih dari SMK N 1 Sewon (Juara III: 300,10), Rizki Nur Mawanti dari SMK N 1 Bantul (Harapan 1: 298.70) dan Raihan Shaqr. M dari SMK N 1 Sewon (Harapan II: 286,75). 
Dinkes/YA

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat