Berita

Bikor Harus Tanggap Jika Menemui Kasus Hipotiroid Kongenital (HK)

Senin Pon, 30 Oktober 2017 08:41 WIB 2345

foto
Seksi Kesehatan Keluarga dan gizi (Kesga & Gizi) menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Bidan Koordinator di 27 Puskesmas se-Kabupaten Bantul mengenai program Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK)

Bantul, Dinkes- Rabu (25/10), Seksi Kesehatan Keluarga dan gizi (Kesga & Gizi) menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi Bidan Koordinator di 27 Puskesmas se-Kabupaten Bantul mengenai program Skrining Hipotiroid Kongenital (SHK). Kegiatan yang diselenggarakan di Hall Husada Dinkes ini merupakan upaya Dinkes meningkatkan kapasitas Bidan Koordinator di Puskesmas jika menemukan kasus Hipotiroid Konginental. 

Kurangnya produksi hormone tiroid pada bayi sejak lahir atau bisa disebut hipotiroid kongenital (HK)dapat berakibat fatal. Hipotiroid Kongenital adalah sebuah keadaan dimana kerja kelenjar tiroid pada anak menurun atau bahkan tidak berfungsi sejak lahir, sehingga bayi tersebut kekurangan hormone tiroid. Keterlambatan mengembalikan fungsi tiroid normal pada bayi dapat mempengaruhi pertumbuhan, maturasi fungsi organ serta kerusakan yang menetap pada otak.

Selama kehidupan janin dan awal postnatal hormon tiroid penting untuk proses pertumbuhan dan perkembangan system saraf pusat. Untuk itu menurut dr Puji Astuti, SPA penting dilakukan pemriksaan fungsi tiroid pada ibu hamil, terutama pada awal kehamilan bila didapatkan kecurigaan gangguan tiroid. Selain itu program screening bayi baru lahir untuk mendeteksi hipotiroid konginetal juga disarankan sebagai langkah utama pengobatan dan pencegahan.

“Masalah HK dapat dicegah dengan dilakukan deteksi dini melalui skrining hipotirid kongenital (SHK),” ujar puji Astuti saat menjadi narasumber dalam kegiatan Bimtek Penanganan Kasus Hipotiroid, di Hall Husada Dinkes.  Selain itu Skrining masal bayi baru lahir (SMN) dapat sebagai upaya pencegahan terus-menerus terhadap dampak berat HK

Jangan tungggu gejala muncul, jika bayi hipotiroid dan terlambat ditangani maka akan menyebabkan keterbelakangan mental yang permanen. Sebab, gangguan tiroid tidak ada gejala yang muncul/terlihat saat bayi lahir. Jika sudah muncul gejala itu tandanya pertumbuhan telah mengalami keterlambatan dan sulit untuk diperbaiki. Dinkes/YA

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat