Berita

Memperingati Satu Tahun Germas Puskesmas Banguntapan II ajak 500 orang Senam Bersama

Rabu Wage, 15 November 2017 10:47 WIB 2703

foto
Kelompok Prolanis binaan Puskesmas Banguntapan II ikut senam bersama di Lapangan Desa Tamanan pada Kamis, 9 November 2017. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Kamis (9/11) Sudah sejak pukul 07.00 WIB sebanyak 500 orang berkumpul di Lapangan Desa Tamanan yang berada di depan Puskesmas Banguntapan II. Mereka adalah siswa-siswa SMP N 4 Banguntapan, Stakeholder Desa Tamanan, Guru SMPN 4 , Banguntapan Kelompok Prolanis binaan Puskesmas Banguntapan II, masyarakat sekitar Puskesmas Banguntapan II serta Karyawan Puskesmas Banguntapan II. Mereka berkumpul tidak dengan alasan namun mereka hendak mengikuti senam bersama sebagai rangkaian kegiatan Puskesmas Banguntapan II dalam mengkampanyekan Germas dan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN).

dr Wahyu Pamungkasih Kepala Puskesmas Banguntapan II mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan upaya Puskesmas Banguntapan II bersama Stakeholder Desa Tamanan dan SMPN 4 Banguntapan. Germas dipilih selain sebagai tema besar peringatan Hari Kesehatan Nasional Kabupaten Bantul, juga karena lapangan Desa tamanan ini dijadikan lokasi launching Germas satu tahun yang lalu.

“Kita tahu satu tahun yang lalu Germas di Launching oleh bapak Presiden kita Pak Joko Widodo disini, dilapangan ini. Maka dari itu Puskesmas Banguntapan II bersama dengan Stake holder Kelurahan Tamanan dan SMP 4 Banguntapan bekerja sama membuat acara perayaan,” terang dr Wahyu usai mengikuti senam bersama di Lapangan Desa Tamanan, Banguntapan, Bantul.

Hal senada juga diungkapkan oleh Ratna Handarini, M.Pd Kepala Sekolah SMP N 4 Banguntapan, ia mengungkapkan kesepatakan pemilihan tanggal 10 sebagai penyelenggaraan kegiatan bersama ini bukan tanpa alasan, namun penuh dengan pertimbangan.

“Kami sepakat memilih tgl 10 sebagai penyelenggaraan kegiatan bersama ini karena hari ini bertepatan dengan peringatan hari pahlawan, jadi diharapkan melalui kegiatan ini kami ikut mengenang jasa-jasa pahlawan bangsa ini,” ungkap Ratna. Ia menambahkan sebagai generasi muda, dimana masa depan bangsa berada ditangan mereka maka moment ini sangat tepat selain sebagai wujud cinta tanah air juga agar mereka dapat menjadi pioner perubahan masyarakat menuju masyarakat sehat.

Kepala Desa Tamanan  Sriyanto juga mengungkapkan untuk menjaga kesehatan kita harus menerapkan Germas, dimana tiga pilar utamanya adalah Aktifitas Fisik, Makan buah dan Sayur serta Cek Kesehatan Secara Rutin.

“Jangan menunggu sakit kita menjaga kesehatan, namun mumpun kita masih sehat kita harus jaga terus dan kedepanya yang datang ke Puskesmas tak hanya orang sakit saja tapi orang sehat seperti adek-adek, jadi jangan takut datang ke Puskesmas,” himbau Sriyanto.

Kegiatan pagi ini diakhiri dengan melakukan makan buah bersama sebagai kegiatan simbolis komitmen bersama untuk mengkampanyekan Germas, khsusnya makan buah dan sayur.

“Kegiatan hari ini diakhiri dengan makan buah dan sayur, setelah ini kita akan makan siang bersama yang telah disiapkan wali murid dengan menu sayur kacang hijau”  pungkasnya. Dinkes/YA

Baca: 1000 Orang Ikut Merayakan HKN Ke-53 di Halaman Depan Dinkes Bantul



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat