Berita

Kini Penyelenggaraan Posbindu Disablitias & Posbindu PTM bisa Manfaatkan Jamkesos

Selasa Kliwon, 21 November 2017 09:29 WIB 2902

foto
Saptono Iman Budi, SKM, M.Kes Kepala Seksi Kemitraan dan Agus Priyanto, SKM. M.Kes Kepala Bagian Layanan Kesehatan Bapel Jamkesos DIY saat Sosialisasi Jamkesos bagi Pelaksanaan Posbindu PTM pada Jumat 17 November 2017 di Aula Medika Dinkes. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Pos Binaan Terpadu atau posbindu yang adai di DIY berdasarkan data Dinas Kesehatan DIY sejumlah 300 tempat, dan 75 diantaranya berada di Kabupaten Bantul. Posbindu sendiri berfungsi sebagai alat deteksi dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul memiliki target pada tahun 2020 mendatang seluruh dusun memiliki Posbindu. Target tersebut bisa semakin cepat terpenuhi bila perangkat desa bisa menggunakan dana desa membuat Posbindu di dusun mereka. Namun jika kini dalam pelaksanaan Posbindu masih dalam keberatan berkaitan penyediaan pendanaan dana reagen dan tenaga medis maka Bapel Jamkesos DIY telah menyediakan dana untuk pelaksanaan Posbindu. Hal tersebut telah disosialisasikan oleh Dinkes Kabupaten Bantul dalam hal ini Seksi Kemitraan berkaiatan pemanfaatan dana kesehatan bagi penyelenggaraan Posbindu.

“Kini ada peluang penjaminan kesehatan Posbindu PTM ataupun Posbindu Disabilitas melalui Bapel Jamkesis DIY,” ungkap Saptono Iman Budi, SKM, M.Kes Kepala Seksi Kemitraan usai Sosialisasi Jamkesos bagi Pelaksanaan Posbindu PTM”,Jumat (17/11).

Agus Priyanto, SKM. M.Kes Kepala Bagian Layanan Kesehatan Bapel Jamkesos DIY yang turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut mengungapkanpembiyaayan Posbindu merupakan salah satu pengembangan layanan kesehatan yang tertumpu pada konsep kuartif dan rehabilitative.

“Pembiyaan Jaminan Kesehatan ada pada Posbindu fokus pada konteks perventif, ketika sudah memasuki ranah kuratif maka pembiyaan akan kembali ke Jaminan kesehatan yang dimiliki,” tambahnya.

Agus menegaskan kepada programmer PTM se Kabupaten Bantul bahwa dana ini dapat dimanfaatkan jika Posbindu PTM tersebut terdaftar di Kemenkes, maka dari itu diharapkan kepada programmer Posbindu PTM mensosialisasikan kepada para kader di wilayah kerjanya dan untuk segera mendaftarkan. Dinkes/YA



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat