Berita

Koordinasi Pelayanan Kesehatan Calon Haji 2018

Senin Kliwon, 15 Januari 2018 14:27 WIB 2507

foto
dr. Abednego Dani Nugroho Kepala Seksi Survelensi dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Bantul saat memipin Rakor Pelayanan Kesehatan Calon Haji 2018 di Aula Medika pada Jumat 12 Januari 2018. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Dalam rangka penyelenggaraan kesehatan jamaah haji pada tahun 2018, Seksi Imunisasi & Surveilans Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul melakukan rapat koordinasi dengan instansi terkait “Pelayanan Kesehatan Bagi Calon Jemaah Haji Tahun 2018”, Jumat (12/1). Kegiatan Rakor yang dilaksanakan di Aula Medika Dinkes Kabupaten Bantul dihadiri oleh 27 Puskesmas,lintas seksi Dinkes, RSUD Panembahan Senopati, Kemenag, Kesra dan KKP berjumlah 45 peserta.

Berdasarkan Permenkes Nomor 15 Tahun 2016, dijelaskan perlunya melibatkan berbagai lintas program kesehatan yang terintegrasi dan lintas sector seperti Kemenag, Biro Kesra dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) DIY dalam rangka mewujudkan jamaah haji yang memenuhi syarat kesehatan terutama jamaah haji Kabupaten Bantul. "Program pemeriksaan dan pembinaan kesehatan haji ini sangat penting agar terpenuhi kodisi istithaah kesehatan (Kemampuan kesehatan jamaah haji untuk melakukan serangkaian aktivitas rukun dan wajib haji) bagi jamaah haji itu sendiri,” terang dr. Abednego Dani Nugroho Kepala Seksi Survelensi dan Imunisasi Dinkes Kabupaten Bantul  saat memipin Rakor, Jumat (12/1).

Ditambahkan dr. Abed, agar pelaksanaan pembinaan dan pelayanan kesehatan jamaah haji dapat berjalan efektif, Pemerintah Kabupaten Bantul telah menyediakan beberapa fasilitas kesehatan untuk melakukan pelayanan kesehatan bagi jamaah haji asal Kabupaten Bantul agar memeanuhi syarat istithaah kesehatan.

“Untuk mempersiapkan jamaah haji yang sehat maupun yang sakit terkelola kesehatannya, Dinkes Kabupaten Bantul telah menyiapkan tempat pelayanan kesehatan tingkat dasar di 27 Puskesmas dengan petugas kesehatan haji di masing-masing tempat pelayanan serta rujukan ke RSUD Panembahan Senopati. Dinkes/YA



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat