Berita

Dinkes Bantul Gelar Monev PIS-PK bagi Lokus PIS-PK

Jumat Legi, 26 Januari 2018 12:36 WIB 3077

foto
Dyah Pangesti Utami, SKM, M.SE Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Tradisional (Yankestrad) Dinkes Kabupaten Bantul saat memipin Monev PISPK di Ruang Rapat Afiat pada Rabu, 24 Januari 2018. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes-Seksi Pelayanan Kesehatan dasar dan tradisional (Yankestrad) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul mengadakan monitoring dan evaluasi (monev) Program Indonesia Sehat Pendekatan Keluarga (PIS-PK), Selasa (23/1). Kegiatan yang di selenggarakan di Ruang Rapat Afiat Dinkes ini diikuti oleh Kepala Puskesmas dan Admin PIS-PK di 8 Puskesmas di Kabupaten Bantul yang sudah melaksanakan pelayanan PIS PK di wilayah kerjanya.

Dyah Pangesti Utami, SKM, M.SE mengungkapkan bahwa 8 Puskesmas yang diundang merupakan Puskesmas Lokus tersebut adalah Puskesmas Bambanglipuro, Puskesmas Kasihan, Puskesmas Kretek, Puskesmas Sewon I, dan Puskesmas Sanden.  Dan Puskesmas Non Lokus PIS PK yang sudah melakukan kunjungan PIS PK di wilayah kerjanya yaitu Puskesmas Sedayu I, Puskesmas Banguntapan III dan Puskesmas Pundong.

“Monev ini sebagai upaya  kita mengetahui perkembangan kunjungan PIS-PK beserta kendala-kendala yang dihadapi sehingga bersama-sama mencari solusi terbaik untuk mengatasi hal tersebut,” ungkap Dyah.

Dalam kesempatan ini juga Dyah menegaskan Program PIS-PK tidak hanya berkaitan dengan program nasional namun juga dengan melakukan kunjungan rumah, petugas puskesmas akan mengenali masalah-masalah kesehatan yang dihadapi keluarga secara menyeluruh, sehingga masalah kesehatan yang dialami masyarakat akan lebih cepat tertangani.

Ia mengungkapkan bahwa kedepannya hasil kunjungan rumah tersebut, petugas mengintegrasikan Upaya Kesehatan Perorangan (UKP) dan Upaya Kesehatan Masyarakat (UKM) secara berkesinambungan. Pengintegrasian itu didasari data dan informasi dari profil kesehatan keluarga.

Hingga Januari 2018 pecapaian kunjungan PISPK di Kabupaten Bantul sebanyak 7.362 KKK, dengan rincian Kecamatan Sewon sebanyak 162 KK (Puskesmas Sewon 1), Kecamatan Sanden sebanyak 843 KK (Puskesmas Sanden), Kecamatan Kretek 809 KK (Puskesmas Kretek), Kecamatan Kasihan sebanyak 1.119 KK (Puskesmas Kasihan 1), Kecamatan Banguntapan sebanyak 52 KK (Puskesmas Banguntapan III), Kecamatan Bambanglipuro sebanyak 3.577 KK (Puskesmas Bambanglipuro) dan Kecamatan Pundong sebbanyak 800 KK (Puskesmas Pundong).

Dinkes/YA



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat