Berita

Putra-Putri Terbaik di Bantul Ikuti Lomba Dokter Kecil 2018

Senin Wage, 5 Maret 2018 11:09 WIB 1254

foto
Para Pemenang Lomba Dokcil 2018

Bantul, Dinkes- Selasa (27/2), Tim Pembina Usaha Kesehatan Sekolah (TP-UKS) Kabupaten Bantul kembali mengadakan Lomba  Dokter Kecil (Dokcil) SD/MI se-Kabupaten Bantul. Acara yang dibuka oleh Darwatiningsih, S.Si.M.Si, Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul diikuti oleh 51 dokcil.

“Masing-masing kecamatan dibawah UPTPPK mewakilkan 3 siswa, mereka adalah siswa terbaik di kecamatannya,” ujar Darwatiningsih.

Acara yang digelar di Aula Serbaguna, Gedung Pengawas Kabupaten Bantul ini merupakan sarana pencarian bibit unggul yang mampu memberikan dampak positif terhadap lingkungannya, khususnya dibidang kesehatan.

 “bagi kami kalian adalah juara, dan kami harap kalian bisa menjadi contoh di keluarga, masyarakat dan teladan bagi teman-teman kalian” ungkap Supangat, SKM salah satu juri dalam Lomba Dokcil. Ia juga menambahkan selain pencarian bibit ungggul, acara ini dapat mengasah leadership, social skill, dan juga karakter para peserta.

“saya sangat senang mengikuti acara ini, selain menambah ilmu baru berkaitan kesehatan namun juga teman yang sama-sama berjuang menerapkan dan nulari(menularkan-red) temen-temen dan lingkungan rumah,” ujar Betamirza, salah satu peserta Lomba Dokcil.

Dalam acara ini Darwatiningsih mengungkapkan bahwasanya pada lomba ini dibagi menjadi dua sesi yang meliputi uji tulis (pilihan ganda dan esai)  dan penyuluhan. Dari seleksi tahap pertama dihasilkan 10 peserta terbaik yang akan mengikukti tahap penyuluhan dan praktek. Dari Tahap kedua ini dihasilkan lima anak yang masuk 5 besar mereka adalah Abdillah Alya Wardani dari SD 1 Bantul Kota (Juara 1: 82.93), Betamirza Azzahra Priambodo dari SD Unggulan Aisyiyah (Juara 2: 74.03), Amanda Maya Wijayanti dari SD Gunung Mulyo (Juara 3: 70.32), Ummi Kultsum dari SD 1 Temuwuh (Harapan I: 67.12) dan Mutiara Nilam Syayekti dari SD 2 Padokan (Harapan II: 63.62).

Panitia mengungkapkan bahwsanya kelima peserta yang terpilih nanti akan dibina untuk pematangan skill berkaitan public speaking. Dimana dari kelima peserta akan dipilih tiga Dokcil yang akan menjadi perwakilan Kabupaten Bantul dalam Lomba Dokcil tingkat Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Panitia juga berharap mereka yang masuk 3 besar nantinya dapat mengulang sejarah para kakak angkatanya berjaya di tingkat provinsi lima tahun berturut-turut. (YA)