Berita

Puskesmas Banguntapan II Launching Gerakan Sana-Sini (Sehatkan Anak Sejak Dini)

Senin Legi, 30 Juli 2018 12:42 WIB 271

foto
Foto bersama usai Acara Launching Gerakan Sana-Sini di Aula Puskesmas Banguntapan 2 pada 29 Juli 2018. Dinkes/YA

Bantul, Dinkes- Puskesmas Banguntapan II pada Sabtu, 29  Juli 2018  melaunching Gerakan Sehatkan Anak Sejak  Dini (Sana-Sini). Kegiatan yang  diselenggarakan di  Aula  Puskesmas Banguntapan  II ini  diikuti oleh Persatuan Guru Paud & TK di Wilayah  Kerajanya, anak-anak Paud  di wilayah kerja  Puskesmas Banguntapan II yang didampingi oleh wali muridnya.  dr Wahyu Pamungkasih Kepala Puskesmas Banguntapan  II mengungkapkan tujuan dari gerakan ini adalah upaya Puskesmas Banguntapan II dalam  rangka menyehatkan masyarakat karena prilaku sehat harus ditanamkan sejak dini.

“Gerakan ini  merupakan upaya Puskesmas Banguntapan  II untuk menyehatkan masyarakat, karena  intervensi kesehatan harus dilakukan sejak dini  agar kitamenghasilkan  generasi yang sehat, cerdas dan kuat. Gerakan ini  juga  bias  menjadi solusi  dalam program penanggulangan stunting,” ujar dr Wahyu dalam sambutanya.

Acara launching yang bersamaan dengan peringatan Hari Anak ini diikuti oleh Guru Paud&TK, Anaka-anak Paud yang didampingi walimuridnya. Peserta ini berasal dari 4 Desa yang menjadi wilayah kerja Puskesmas Banguntapan II, yaitu Tamanan, Singosaren, Wirokerten dan Jagalan.

Anak-anak yang hadir didampingi oleh guru dan walimuridnya ini diajari berbagai macam prilaku hidup bersih dan sehat sepreti etika batuk, cuci tangan yang baik dan benar, makan buah dan sayur, sikat gigi yang baik dan benar.

dr Wahyu mengungkapkan ikut sertanya wali murid diundang dalam kegiatan ini adalah agar proses edukasi prilaku hidup dan sehat diharapkan tidak hanya dilakukan di sekolah namun juga orang tua atau pendamping dirumah.

“Proses pembentukan karakter hidup bersih dan sehat tidak hanya di ajarkan di sekolah namun di rumah juga diharapkan orang tua bias menjadi suri tauladan yang baik bagi anak-anaknya,” tegasnya.

Gayung bersambut, gerakan ini di apresiasi oleh Ketua TPPKK Kecamatan Banguntapan serta Pendamping PG Paud&TK Kecamatan Banguntapan. Mereka bersama dengan Seluruh Guru Paud&TK di 4 Desa sepakat untuk membuat MoU agar gerakan ini bias diterapkan di seluruh PAUD&TK di 4 Desa.

"Ini program yang sangat bagus, kami harap gerakan ini bisa sukses agar anak-anak kita tumbuh menjadi anak yang sehat dan cerdas tak hanya sehat fisiknya namun juga jiwanya," ungkap Ketua TPPKK Kecamatan Banguntapan.

Diakhir statmennya dr wahyu mengungkapkan bahwa gerakan ini tak hanya berkaitan dengan kesehatan fisik namun juga kesehatan mental atau rohani.

“Kami Puskesmas Banguntapan II, salah satu Puskesmas yang memiliki layanan psikologi jadi Bapak/Ibu dapat mengajak kami untuk sharing bersama tentang edukasi anak di sekolah Bapak/Ibu,” pungkasnya.Dinkes/YA