Berita

Hutan Jati Kalidadap, Selopamioro Terbakar Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinkes dan Puskesmas (Puskesmas Imogiri I & Puskemsas Imogiri II) lakukan Kesiapsiagaan

Jumat Kliwon, 7 September 2018 11:58 WIB 1035

foto
drg Maya Sintowati Pandji MM Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul bersama Tim Reaksi Cepat (TRC) Dinkes dan Puskesmas saat Kesiapsiagaan Kebakaran Hutan di Nogosari, Bantul

Bantul, Dinkes-Menghadapi musim kemarau, Kabupaten Bantul memili daerah-daerah yang rentan terjadinya kebakaran lahan dan hutan.

Tercatat hingga bulan Agustus saja, menurut BPBD Bantul sudah ada 105 kejadian yang membanjar lebih dari 18 hektar hutan jati.  Seperti yang terjadi Rabu Kemarin (5/9). Kebakaran lahan yang melanda bukit Nogosari, Selopamioro. Kebakaran berada diantara Dusun Lemah Rubuh-Jetis (yang berada di bawah bukit) dan Dusun Nawungan-Nogosari yang beradad di posisi atas bukit. 

“Kebakaran lahan/hutan di Nogosari, Selopamioro, Imogiri, Kabupaten Bantu,” tweet BPBD Bantul Rabu pukul 18.34 WIB.

Berdasarkan informasi  Si Jago Merah baru bias dipadamkan sekitar pukul 03.00 WIB dengan lahan yang terbakar sekitar 4 hektar.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa atas kebakaran di daerah Lemah Duwur, Nogosari, Bantul,” ungkap dr Yeni Nugraha Kepala Puskesmas Imogiri II yang ikut membarsamai Tim TRC Dinkes, Puskesmas Imogiri I, BPBD, PMI, TNI Serta Polsek Imogiri dalam melakukan kesiapsiagaan.

drg Maya Sintowati Pandji MM Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul yang terjun langsung bersama dengan dra Ninik Istitarini, Apt MPH Sekertaris Dinkes, dan Kepala Bidang SDK serta Kasubag Umum. Mengungkapkan pihaknya bersyukur akhirnya Api tidak sampai ke pemukiman warga.

“Syukurnya jarak Api dengan pemukiman warga masih sekitar 500meter, sehingga warga dinyatakan aman,” tuturnya.

Ia juga mengungkapkan dalam rangka kesiapsiagaan Tim TRC Dinkes dan 2 Puskesmas yang dekat dengan lokasi kejadian (Puskesmas Imogiri  I dan Puskesmas Imogiri II) menyiapkan segala keperluan, seperti 3 ambulance, dokter umum, paramedis dan driver.

“Kami membawa 3 Amubalnce yang merupakan Ambulance Dinkes, Puskesmas Imogiri I dan Puskesmas Imogiri II,” tambahnya.

Dinkes/YA



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat