Berita

Dinkes Latih Aplikasi ABK Kepada Seluruh Pegawai Fungsional di Puskesmas

Senin Pahing, 24 September 2018 08:25 WIB 1642

foto
Foto Pelatihan Aplikasi ABK di Aula Medika Dinkes

Bantul, Dinkes-Seluruh aparatur si[il negaara (ASN) di lingkungan Dinas Kesehatan dan Puskesmas di Kabupaten Bantul diminta untuk segera menyelesaikan analisa jabatan (Anjab) dan analisa bebaja (ABK). Pasalnya kedua hal tersebut akan berpengaruh terhadap tunjangan yang mereka terima.

Anjab adalah proses memperoleh data jabatan   untuk kepentingan program kepegawaian di instasi pemerintah. Sedangkan analisa beban kerja (ABK) adalah proses untuk mengetahui jumlah pegawai yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dalam waktu tertentu.

 “Kami sudah menagih terus tentang Anjab dan ABK ini. Kami mohon untuk segera diselesaikan,” ujar Karjiyem, M.Kes Kepala Seksi Sumber Daya Kesehatan & Sarana Prasarana Kesehatan Dinkes, saat acara Workshop pengisian Aplikasi ABK bagi Fisioterapi ini di Aula Medika, Senin (16/9).

Menurut Karjiyem, pengisisan Anjab dan ABK sangat penting bagi para ASN. Pasalnya, Anjab dan ABK akan menentukan kelas atau peringkat jabatan yang berujung pada tunjangan yang mereka terima. Tidak hanya itu pengisian Aplikasi ABK membantu pemerintah dalam persebaran tenaga kerja di setiap institusi.

“Kita tidak bias mengusulkan PNS tanpa memperhatikan Anjab da ABK, sesuai dengan PerMen PAN-RB. Nomor 33 Tahun 2011,” ungkap Karjiyem.

Untuk lingkungan Dinas Kesehatan dan Puskesmas pelatihan ini sudah dimulai sejak tahun 2017. Dimana pada awal tahun 2017 lalu seluruh Kepala Tata Usaha (TU) Puskesmas diundang untuk menyosialisasikan Aplikasi ABK ini kepada seluruh petugas Puskesmas. Namun ternyata setelah evaluasi perlu adanya workshop pengisisan Aplikasi ABK kepada seluruh pegawai di Puskesmas agar proses pengisian aplikasi lebih efektif dan efisien.

“Kami membuat berbagai macam gelombang dimana setiap gelombbang diikuti oleh satu jenis profesi, hal ini dilakukan agar proses pengisian lebih efektif dan efisien,” ungkap Karjiyem.

Tujuannya untuk meningkatkan kemampuan dan pemahaman seluruh pegawai Puskesmas dan Dinkes dalam menyusun evaluasi jabatan di tempatnya masing-masing. Dinkes/YA


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat