Berita

Kabupaten Bantul Terima Penghargaan Nasional STBM Berkelanjutan

Jumat Pahing, 19 Oktober 2018 09:36 WIB 611

foto

Bantul, Dinkes- Kabupaten Bantul merupakan salah satu dari 23 Kabupaten/Kota di Indonesia yang menerima Penghargaan STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) berkelanjutan dari Kementerian Kesehatan karena dinilai berhasil menjadi daerah Open Defecation Free (ODF) atau bebas dari buang air sembarangan. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menetri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Molek, SpM kepada Bupati Bantul yang diwakili oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul Maya Sintowati Pandji di Auditorium Siwabessy kantor Kemenkes RI, Jakarta (18/10).

“Sanitasi dan air bersih merupakan tujuan ke-6 dari tujuan pembangunan berkelanjutan. Sanitasi dan air bersih merupakan kebutugan dasar yang meliputi air minumm, hygiene dan sanitasi, kualitas air, efisiensi penggunaan air dan pengelolaan sumber air,” ungkap Menteri Kesehatan dalam sambutanya yang diunggah di Web Kemenkes pada 18 Oktober 2018.

Drg. Maya mengatakan penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Kemenkes bagi daerah yang dinilai berhasil mengubah prilaku masyarakat menjadi lebih sehat dan bersih melalui pendekatan STBM. Penghargaan STBM Berkelanjutan merupakan penghargaan berjenjang dengan 5 kategori, yakni, kategori STBM Eka Pratama (memenuhi 1 pilar STBM), STBM Dwi Pratama (memenuhi 2 pilar STBM), STBM Eka Madya (memenuhi 3 pilar STBM), STBM Dwi Madya (memenuhi 4 pilar STBM), dan STBM Utama (memenuhi 5 pilar STBM).

Berdasarkan data e-monev STBM, untuk saat ini, hingga Oktober 2018 tercatat ada 23 kabupaten/kota dan 1 provinsi yang telah mencapai 100% warganya tidak BAB sembarangan termasuk Kabupaten Bantul.

“Penghargaan ini tentu untuk seluruh elemen Kabupaten Bantul baik Masyarakat, Pemerintah dan pihak swasta yang berupaya terus mewujudkan STBM di Kabupaten Bantul,” ungkap drg Maya. Dinkes/YA 


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat