Berita

Puskesmas Sewon I Launching Pojok Sate (Sadar Tendi) Bagi Prolanis dan Lansia

Senin Kliwon, 22 Oktober 2018 09:42 WIB 1009

foto
Foto bersama Prolanis Sewon I, Kader Kesehatan Sewon I dan Karyawan Sewon I usai Senam Bersama/Dinkes YA

Bantul, Dinkes- Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan kepada masyarakat, Puskesmas Sewon I mengajak masyarakat baik yang tergabung dalam Program Pengelolaan Penyakil Kronis (Prolanis), Program Kesehatan bagi Lanjut Usia (Lansia)  maupun masyarakat umum untuk membudayakan pola hidup sehat melalui gerakan Pojok Sate (Sadar Tensi) dan peningkatan aktivitas fisik.

Gerakan yang dilanching pada Sabtu (19/8) kemarin ini, bertujuan sebagai sarana mengetahui status kesehatan dengan cek kesehatan secara rutin, deteksi dini penyakit degenerative dan intervensi lanjut kegiatan PIS-PK.

“Sebenarnya kegiatan ini sudah lama ritin dilaksanakan seperti senam bersama dan tensi rutin hanya saja kita belum membuatkan nama kegiatanya. Dan kegiatan ini merupakan rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 kami melaunching kegiatan ini,” ungkap dr Anastasia Endar Kepala Puskesmas Sewon I.

Menurutnya, Puskesmas Sewon I selalu berupaya memberikan pelayanan kesehatan kepada prolanis, pralansia dan lansia yang meliputi pelayanan promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitatif yang lebih menekankan unsur proaktif. Selain itu, puskesmas ini memberikan kemudahan proses pelayanan, santun, sesuai standar pelayanan dan kerja sama dengan unsur lintas sektor.

Dengan demikian, kata dia, program lansia dan prolanis tidak terbatas pada pelayanan kesehatan di dalam gedung, tetapi juga pelayanan kesehatan luar gedung dan pemberdayaan masyarakat.

Program Pojok Sate ini dilaksanakan setiap Hari Sabtu dari Jam 07.30-11.00 WIB. Namun demikian dr Endar mengungkapkan jadwal ini tidak menjadi batasan bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan karena dihari lainpun Prolanis dan Lansia masih bisa melakukan pemeriksaan di Pojok Sate.

“Kita memiliki program rutin setiap hari sabtu pagi senam bersama  di halaman Puskesmas, maka dari itu agar lebih efektif maka Program Pojok Sate ini dilakukan pada Hari Sabtu. Tapi ini tidak jadi batasan bagi masyarakat yang hendak melakukan pemeriksaan rutin dihari lain” tuturnya.

Ia berpesan, bagi para lansia agar rutin memeriksa kesehatan di pelayanan kesehatan. Selain itu juga, menjaga asupan makanan dan tetap berolahraga.

Program inipun disambut baik oleh masyarakat yang tergabung dalam Prolanis Sewon I. Hilda Ningsih salah satu Prolanis Puskesmas Sewon I mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat bagus sebagai sarana khusus bagi para prolanis dan lansia untuk mengontrol kesehatan mereka.

“Kalo mau sehat harus dari diri kita sendiri. Kita harus punya motivasi untuk terus sehat jadi happy buat ikut kegiatan kayak gini,” ungkap Hilda.

Hilda mengajak para Prolanis dan Lansia untuk terus happy dan ikut gabung dalam kegiatan ini, selain bermanfaat untuk mengontrol kesehatan, dokter dan petugas kesehatan di Puskesmas Sewon I selalu memberikan tips dan saran untuk kita juga semangat di group WA. Dinkes/YA



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat