Berita

Peringati HKN Puskesmas Banguntapan II Gelar Jambore Pahlawan Germas

Kamis Wage, 15 November 2018 08:55 WIB 65

foto
Foto bersama Kader Kesehatan dan Karyawan Puskesmas Banguntapan II usai pembagian doorprize

Bantul, Dinkes- Puskesmas Banguntapan II mengadakan Jambore Kader Kesehatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Daerah Wisata Masjid Gedhe Mataram, 10 November 2018. . Germas merupakan konsesn program pemerintah guna mencegah penyakit menular dan tidak menular. dr Wahyu Pamungkasih Kepala Puskesmas Banguntapan II mengungkapkan bahwa kegiatan ini menjadi salah satu rangkaian peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Ke-54 . Kegiatan ini juga bertepatan dengan Hari Pahlawan maka dari itu jamboree kali ini diberi nama “Jambore Pahlawan Germas”.

Ia mengungkapkan kader kesehatan merupakan pahlawan masyarakat dibidang kesehatan, maka pemberian nama jamboree pahlawan kesehatan ini merupakan upaya apresiasi Puskesmas Banguntapan II atas segala upaya kader kesehatan dalam membantu mewujudkan masyarakat sehat.

‘’Kader kesehatan dalam mengemban tugas sangatlah berat dan banyak tenaga yang dikeluarkan. Oleh karena itu, kegiatan ini setidaknya mampu menjadi bahan refleksi dan bersilaturahmi antar kader,’’ ujar dr Wahyu.

Dr Wahyu menegaskan saat ini pihaknya membawahi 73 Posyandu, 44 Posyandu balita dan 29 Posyandu lansia yang tersebar di Desa Tamanan, Desa Wirokerten, Desa Singosaren dan Desa Jagalan. Seluruh Kader yang terlibat dalam Posyandu tersebut diundang dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan inipun disambut baik oleh para kader, kader antusias mengikuti rangkaian acara dari jalan sehat bersama menelusuri daerah wisata kotagedhe, senam bersama hingga acara penutup pembagian doorprize. Dalam kegiatan ini juga diselenggarakan pelantikan Pengurus Posyandu Balita Tahun 2018/2019 oleh Kepala Puskesmas Banguntapan II.

Ibu Ismi Ketua Posyandu “Sejahtera”. salah satu kader dari Desa Wirokerten mengungkapkan bahwa kegiatan ini bisa menjadi ajang silaturrahim antar kader kesehatan, dari kegiatan ini juga bisa menjadi refreshing bagi kader kesehatan. Dinkes/YA