Berita

Puskesmas Sewon I bersama Linsek dan Kader Kesehatan Peringati HKN Ke-54

Senin Pon, 19 November 2018 08:03 WIB 55

foto
Foto bersama Kepala Puskemas dan Lintas Sektor saat penyerahan baliho kepada 88 Warung/Toko Kelontong Sehat di Desa Timbulharjo dan Pendowoharjo

Bantul, Dinkes-Kepala Puskesmas dr Endar mengatakan peringatian Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 Tahun 2018 merupakan momentum kebersamaan antara Puskesmas Sewon I, Lintas Sektor dan Kader Kesehatan Puskesmas Sewon I.

“Kami ingin agar masyarakat dapat berprilaku hidup sehat secara terus menerus dalam kehidupan sehari-hari,” tutur dr Anastasia Endar Kepala Puskesmas Sewon I dalam sambutanya pada Peringatan HKN bersama Linsek dan Kader Kesehatan, Bantul (14/11).

Pada peringatan ini HKN ke-54 kali ini di hadiri oleh Sekertaris Camat Sewon, Perwakilan Polsek Sewon, Perwakilan Koramil Sewon, Ketua Tim TPPKK Kecamatan Sewon, Ketua Tim TPPKK Desa Timbulharjo, Ketua Tim TPPKK Desa Pendowoharjo, Kesra Desa Timbulharjo, Kesara Desa Pendowoharjo, jejaring yankes yang ada di wilayah kerjas Puskesmas Sewon I dan Seluruh Kader Kesehatan di Puskesmas Sewon I yang berjumlah 264 kader dari 44 posyandu.

“Dengan adanya rangkaian kegiatan ini diharapkan semua sektor akan semakin sadar akan pentingnya pembangunan kesehatan," katanya.

Ia menjelaskan HKN diperingati tanggal 12 November setiap tahunnya. Pada tahun 2018 ini, pihaknya mengambil tema Dari Bantul Untuk Indonesia Sehat dengan Sub tema Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita.

Menurut dia, tema ini sejalan dengan Program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga, mengajak seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat guna meningkatkan kualitas hidup.

“Maknanya, kesehatan itu harus kita mulai dari diri kita sendiri dan dari keluarga kita. Kesehatan sangat diperlukan dari perilaku lingkungan,” ungkap Sekcam Sewon.

Untuk merefresh pengetahuan para Kader Kesehatan yang hadir, panitia menghadirkan dr Fauzan Kepala Seksi Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Tidak Menular & Kesehatan Jiwa (P2PTM & Keswa) Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul yang berbicara mengenai “Penyakit Tidak Menular serta solusi pencegahan dan pengendalian berbasis masyarakat”. Selain dr Fauzan, Panitia juga mengundang dr Lucia Sri Rejeki Motivator ASI yang memberikan materi mengenai ASI Eksklusif serta Motivator Public Speaking oleh Dwiyono Iriyanto.

Selain itu pada acara ini juga Puskesmas Sewon I bersama dengan Desa Timbulharjo & Pendowoharjo juga membagikan 88 baliho “warung sehat” kepada 88 warung sehat yang tersebar didalam 44 Posyandu di 2 Desa.

Dinkes/YA