Berita

Peringatan HKN ke-54 Kabupaten Bantul mengusung tema “Dari Bantul untuk Indonesia Sehat”

Jumat Pahing, 23 November 2018 10:25 WIB 60

foto

Bantul, Dinkes- Acara puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 di Kabupaten Bantul dilaksanakan pada hari Jumat (16/11). Dengan mengusung Tema “Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita: Dari Bantul untuk Indonesia Sehat”. Dalam rangka memperingati HKN, di Kabupaten Bantul telah dilaksanakan selama 1, yang disebut dengan Bulan Kesehatan Nasional.

“Di Kabupaten Bantul memang berbeda dengan daerah lain,kami terdapat Bulan Kesehatan Nasional yang mana pada bulan ini merupakan integrasi kegiatan di Puskesmas maupun Dinkes Kabupaten Bantul,” terang Maya Sintowati Pandji, MM Kepala Dinkes Kabupaten Bantul.

Berbagai agenda dilaksanakan dengan agenda senam bersama, flash mob , Lomba Vlog Kesehatan, Lomba tenaga kesehatan teladan tahun 2018/2019, lomba merias buah dan sayu. Selain itu, dikesempatan ini, diserahkan pula sejumlah bantuan oleh Bupati Bantul kepada masyarakat. Berupa reward dusun bebas empat masalah kesehatan (DB4MK) 2018 senilai Rp 962.500.000 dan ada juga hadiah lomba pelaksana terbaik, perilaku hidup sehat dan bersih.

Bupati Bantul Drs Suharsono yang ikut membersamai dalam puncak HKN ini mengungkapkan dukungannya untuk membumikan Germas di Kabupaten Bantul.

“Ayo kita hidup sehat, mulai dari diri kita. Melalui Germas maka risiko sakit pada masyarakat dapat dikendalikan,” ungkap Drs Suharsono.

Drs Suharsono juga mengungkapkan bahwa Sehat menjadi salah satu poin Visi dan Misi Pemda Kabupaten Bantul selain itu cita-cita menjadi Kabupaten Bersih Sampah menjadi cita-cita bersama lainnya selain Mewujudkan masyarakat Sehat, Cerdas, sejahtera dan bebas Sampah.

Menariknya, seusai senam bersama, ratusan ibu-ibu dengan memakai kostum unik ini, mengikuti lomba senam dayung. Lomba ini diikuti oleh perwakilan dari masing-masing puskesmas se-kabupaten Bantul.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, drg Maya Sintawati Pandji, mengatakan, kegiatan senam bersama dalam peringatan hari kesehatan Nasional ke-54 ini merupakan ajakan supaya masyarakat terbiasa untuk membudayakan hidup sehat.

Dinkes/YA