Berita

Penguatan Program DLP di Kabupaten Bantul, Dinkes Kab. Bantul bersama 27 Puskesmas di Kabupaten Bantul Kaji Banding ke UPT Puskesmas Garuda

Selasa Pahing, 18 Desember 2018 10:34 WIB 46

foto

Bantul, Dinkes- Sebagai tindak lanjut Workshop Penguatan Puskesmas dalam Mendukung Program Dokter Layanan Primer (DLP) pada 26 November 2018 yang lalu. Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kabupaten Bantul bersama 27 Kepala Puskesmas se Kabupaten Bantul Kaji Banding ke UPT Puskesmas Garuda Kota Bandung.

Dra Ninik Istitarini Sekertaris Dinkes Kabupaten Bantul yang turut membersamai rombongan mengungkapkan bahwasanya Kabupaten Bantul sedang berkomitmen meningkatkan pelayanan kesehatan melalui program DLP ini.

“Pada tahun 2017 yang lalu kami telah melatih 6 Dokter untuk mengikuti program DLP,” ungkap Dra Ninik saat memberikan sambutan.

Nita Kepala UPT Puskesmas Garuda mengungkapkan bahwasanya Program DLP di Puskesmas Garuda sudah dilaksanakan sejak Akhir Tahun 2016 dimana 3 dokternya telah dilatih DLP.

“Kami ditunjuk langusung oleh Kemenkes waktu itu pada tahun 2016, dimana Kami menjadi Lokus Pertama dalam pelaksanaan program ini” ujar Nita saat memberikan selayang pandang mengenai program DLP di Puskesmas Garuda.

Ia juga mengugkapkan bahwasanya dalam penerapan DLP ini di area promotif, preventif, mengutamakan individu, fokus pada keluarga, dan orientasi pada komunitas sehingga akan berimbas pada penurunan biaya kesehatan, peningkatan status kesehatan, dan kepuasan pengguna.

“Untuk penerapan DLP ini kami melakukan ke program Lansia terlebih dahulu,” ungkap Nita.

Dyah Pangsti Utami, SKM., M.SE Kepala Seksi Yankesdastrad mengungkapkan bahwsanya DLP ini menjadi penting karena upaya menunjang kemampuan FKTP (Puskesmas) menuntaskan 144 Diagnosa. Sehingga dalam pelaksananya memerlukan SDM serta Infrastruktur yang  menunjang.

Tak hanya itu dalam kunjungan ini juga berkaitan dengan Program Layanan Gawatdarurat (PSC) 119 Kota Bandung. Dimana PSC 119 Kota Bandung merupakan Layanan Gawatdarurat Medis tingkat kota terbaik dalam penanganan Kecelakaan lalu lintas.