Berita

Evaluasi dan Penguatan Pelaksanaan Desa Siaga

Selasa Pahing, 22 Januari 2019 13:43 WIB 76

foto
dr Anugrah Wiendyasari, M.Sc Kepala Seksi Kesga & Gizi saat menyampaikan kasus AKI dan AKB di Kabupaten Bantul

Dalam rangka penurunan AKI & AKB di Bantul, Seksi Kesga&Gizi yang berkolaborasi Seksi Promkes Dinkes Bantul melakukan "Evaluasi dan Penguatan Pelaksanaan Desa Siaga", Senin (21/1). Kegiatan yang diselenggarakan di Aula Medika Dinkes ini diikuti oleh seluruh Bidan Desa se Kabupaten Bantul. 

"Dalam penyelenggaraanya kami berkolaborasi dengan Seksi Promosi dan Kesehatan Masyarakat, karena kami menitik beratkan pada peran Bidan Desa dalam penguatan Desa Siaga," ungkap dr Anugrah Wiendyasari, M.Sc Kepala Seksi Kesga & Gizi saat ditanyai mengenai kegiatan tersebut. 

Ia juga menambahkan bahwa dalam pelaksananya kegiatan ini diselenggarakan dalam dua gelombang. Gelombang pertama diikuti oleh 37 Bidan Desa, 38 Bidan Desa selebihnya akan diselenggarakan pada gelombang kedua. Hal ini dikarenkan pada keterbatasan tempat yang dimiliki oleh Dinkes Kaupaten Bantul. 

Pada kesempatan ini dr. Anugrah menegaskan bahwa Bidan Desa merupakan elemen penting dalam kesuksesan Desa Siaga di Kabupaten Bantul. Ia berharap Bidan Desa bisa berkolaborasi dengan baik dengan elemen-elemen lainya di wilayah kerjasanya dalam mewujudkan Desa Siaga. 

Hal senada juga diungkapkan oleh Sri Sudewi, S.T., M.PH Kepala Seksi Promosi dan Kesehatan Masyarakat saat menjadi salah satu narasumber dalam kegiatan tersebut.