Berita

Rapat Koordinasi Penyusunan Formularium Obat untuk Puskesmas Kabupaten Bantul

Rabu Pon, 23 Januari 2019 08:54 WIB 1240

foto

Bantul, Dinkes-Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah dimulai sejak Tahun 2014. Sebagai program prioritas pemerintah maka dari itu sarana pelayanan kesehatan baik yang ada di pusat maupun yang ada di daerah harus melaksanakannya, termasuk Puskesmas.

Penggunaan obat yang digunakan oleh peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) telah mengikuti regulasi penggunaan obat yang mengacu pada daftar obat dan harga yang ditentukan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes),yaitu Formularium Nasional.

Formalarium Nasional adalah daftar obat terpilih yang dibutuhkan dan harus tersedia di fasilitas pelayanan kesehatan sebagai acuan dalam pelaksanaan JKN-KIS. Formularium Nasional atau yang dikenal dengan FORNAS diatur oleh Kementrian Menteri Kesehatan. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia pada 19 Desember 2018 mengeluarkan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/707/2018 tentang Perubahan atas Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/659/2017  tentang Formularium Nasional yang akan berlaku pada 1 Maret 2019.

Maka dari itu Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul bersama sejumlah Dokter Puskesmas membahas Formularium Kabupaten (Forkab) sebagai turunan dari Formularium Nasional yang memiliki perspektif pelayanan di daerah disusun untuk menjadi acuan teknis pelayanan kefarmasian di Puskesmas dan Puskesmas Pembantu di wilayah Bantul.

Kegiatan yang diselenggarakan di Ruang Rapat Afiat Dinkes ini diikuti oleh Seksi Pelayanan Kesehatan Dasar dan Tradisional, Seksi Farmasi dan Kemanana Pangan & Minuman, serta 10 Perwakilan Dokter Puskesmas di Kabupaten Bantul.

Penyusunan Formularium Kabupaten ini disesuaikan dengan kebutuhan medis, perkembangan ilmu pengetahuan, pola penyakit, program kesehatan dan meningkatkan kualitas pelayanan. Penyusunan Forkab juga dilakukan dalam rangka perbaikan dalam penggunaan, penyerahan obat kepada peserta yang disesuaikan dengan kompetensi tenaga kesehatan dan tingkat pelayanan kesehatan dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan JKN. YA/Dinkes


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat