Berita

Kursus Penyuluhan Keamanan Pangan” bagi penjamah dan penanggung jawab Kantin Sekolah

Selasa Pahing, 26 Februari 2019 13:31 WIB 131

foto

Bantul, Dinkes – Seksi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja dan Olahraga (KLKKO) Dinkes menggelar “Kursus Penyuluhan Keamanan Pangan” bagi penjamah dan penanggung jawab Kantin Sekolah. Acara yang digelar di aula medika Dinkes itu diikuti segenap penanggungjawab keamanan kantin sekolah dan penjamah di 36 Sekolah di Kabupaten Bantul.

Dalam kegiatan tersebut para peserta memperoleh materi tentang keamanan pangan di kantin sekolah, evaluasi karyawan kantin sekolah, hingga kunci keamanan pangan untuk sekolah berdasarkan WHO. Pemateri dari Seksi Pengendali dan Pencegahan Penyakit (P2P) Dinkes Kabupaten Bantul, Sri Wahyu Joko Santoso mengatakan keamanan pangan merupakan tanggung jawab bersama. Karenanya pengetahuan keamanan pangan dapat membantu komunitas sekolah mencapai persyaratan peraturan dan membantu kantin sekolah memahami bagaimana mempertahankan persyaratan tersebut.

“Cemaran kuman tidak dapat dilihat langsung dengan mata telanjang. Makanan yang terlihat bagus penampilannya serta baik bau dan rasanya dapat saja menyebabkan keracunan pangan. Oleh karena itu, pencegahan pertumbuhan kuman pada makanan sangatlah penting.” Ujar dr Wahyu.

 

Bambang Agus Subekti, SKM. MPH Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas), mengungkapkan partisipasi semua pihak memungkinkan kantin sekolah mampu memberikan kontribusi positif bagi pemenuhan kebutuhan pangan yang aman dan bermutu, serta menunjang kebutuhan gizi bagi pertumbuhan anak sekolah.

Menurutnya penataan kantin yang baik akan berdampak positif pada pembiasaan karakter peserta didik. Sehingga seluruh pemangku kepentingan bisa meningkatkan koordinasi secara sinergi dan kontinyu serta memberdayakan.