Whistle Blowing System

  • Whistle Blowing System

Whistleblowing System adalah aplikasi Dinas Kesehatan Kabupaten Bnatul bagi Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.

Pengaduan Masyarakat adalah bentuk dari sebuah pengawasan masyarakat yang disampaikan oleh masyarakat kepada aparatur pemerintah, berupa sumbangan pikiran, saran, gagasan atau keluhan/pengaduan yang bersifat membangun.

  • Dasar Hukum Whistle Blowing System

Peraturan Bupati Bantul Nomor28Tahun 2016 Tentang Pedoman Umum Sistem Penanganan Pengaduan (Whistleblower System)Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul

‚Äč

  • Lingkup pengaduan meliputi:
    • penyalahgunaan wewenang;
    • hambatan dalam pelayanan kepada masyarakat;
    • korupsi, kolusi dan nepotisme; dan
    •  pelanggaran disiplin pegawai.

 

Sumber pengaduan meliputi:

  • lembaga negara;
  • badan/lembaga/instansi Pemerintah dan Pemerintah Daerah;
  • badan hukum;
  • partai politik;
  • organisasi masyarakat;
  • media massa; dan
  • perorangan.

 

Unsur Pengaduan

  • Pengaduan anda akan mudah di tindaklanjuti apabila memenuhi unsur sebagai berikut :
  • Berkaitan dengan substansi penyimpangan yang diadukan (what)
  • Berkaitan dengan siapa yang melakukan penyimpangan atau kemungkinansiapa saja yang dapat diduga melakukan penyimpangan (Who)
  • Berkaitan dengan di mana terjadinya penyimpangan unit kerja (where)
  • Berkaitan dengan bagaimana penyimpangan tersebut terjadi (how)

 

  • Penyampaian Pengaduan:
    • SMS Center Dinas Kesehatan Bantul, dengan Nomor 08112929699
    • Website Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul
  • Kerahasiaan Pelapor
    • Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul akan merahasiakan identitas pribadi anda sebagai whistleblower karena Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul hanya fokus pada informasi yang anda laporkan.
  • Agar Kerahasiaan lebih terjaga,perhatikan hal-hal berikut ini:
    • Jika ingin identitas Anda tetap rahasia, jangan memberitahukan/mengisikan data-data pribadi, seperti nama Anda, atau hubungan Anda dengan pelaku-pelaku.
    • Jangan memberitahukan/mengisikan data-data/informasi yang memungkinkan bagi orang lain untuk melakukan pelacakan siapa Anda.
Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat