Berita

Buah Yang Cocok Dikonsumsi di Bulan Puasa

Selasa Pon, 27 April 2021 11:29 WIB 134

foto

Merdeka.com - Ketika Anda sedang berpuasa, biasanya tubuh akan terasa lemas dan tak bertenaga. Oleh sebab itu, penting untuk menjaga asupan makanan bernutrisi agar tubuh tetap fit selama Anda berpuasa. Konsumsi buah-buahan merupakan salah satu cara yang baik untuk jaga tubuh Anda tetap fit. 

Untuk mengetahui secara lebih rinci tentang buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa, berikut kami rangkum 9 buah yang baik dikonsumsi saat berpuasa yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Alpukat

Alpukat mampu menurunkan kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh. Selain itu, buah ini dianggap ampuh untuk menurunkan berat badan. Buah yang kaya akan zat besi, vitamin B, dan lemak ini baik dijadikan sebagai sumber energi bila dikonsumsi saat sahur. Oleh sebab itu, konsumsi alpukat secara rutin saat sahur ataupun berbuka agar tubuh Anda tetap fit selama menjalankan ibadah puasa.

2. Apel

Apel dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Selain itu, apel menjadi buah yang baik untuk mengontrol nafsu makan Anda setelah berpuasa selama seharian penuh. Buah yang kaya akan vitamin A, B, dan C ini akan dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama bila dikonsumsi saat sahur.

3. Pisang 

Buah yang kaya akan vitamin A, B1, B2, dan C ini ampuh untuk menekan asam lambung. Daging buahnya yang lembut dapat melapisi dinding lambung sehingga cocok dikonsumsi penderita maag yang berpuasa. Pisang juga menjadi buah yang baik untuk membantu menjaga keseimbangan air di dalam tubuh.

4. Blewah

Blewah memiliki tekstur daging buah yang lembut dan rasanya yang manis memiliki fungsi untuk membantu penyerapan zat-zat dalam makanan. Selain itu, buah yang kaya vitamin A ini juga mampu membantu menyerap zat-zat yang tidak diperlukan dari makanan berbumbu, endapan obat-obatan, bahkan mengatasi mual akibat asam lambung.

5. Air Kelapa

Air kelapa memiliki kandungan isotonik yang dapat mengganti cairan tubuh yang hilang serta dehidrasi. Air kelapa juga dapat mengobati lambung yang perih saat asam lambung Anda meningkat. Selain itu, bagi penderita darah tinggi dan diabetes sangat dianjurkan untuk minum air kelapa saat berbuka karena dapat mengontrol kadar gula dalam darah serta menurunkan kadar kolesterol.

6. Pepaya

Pepaya dikenal sebagai buah yang baik untuk bantu sistem pencernaan. Buah ini mengandung banyak vitamin C dan pro-vitamin A yang dapat membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan. Pepaya juga dikenal dapat mengurangi rasa mual saat pertama kali berbuka puasa.

7. Kurma

Kandungan glukosa yang tinggi dalam kurma menjadi alasan buah ini dianjurkan sebagai menu untuk berbuka. Kandungan yang ada di dalam kurma yaitu 55% glukosa dan 45% fruktosa dapat membantu mengembalikan energi yang hilang setelah seharian berpuasa.

8. Buah Pear

Buah pear mengandung glukosa yang tinggi sehingga dapat memberi energi instan yang tinggi. Buah ini akan membuat tubuh Anda jadi tidak gampang lemas. Hal ini dikarenakan kandungan buah ini sangat cepat diserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi. Buah yang mengandung banyak air ini juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak gampang sakit ketika menjalani ibadah puasa.

9. Stroberi

Kandungan polifenol yang ada di dalam stroberi bisa membantu Anda untuk menurunkan berat badan, menghentikan sel lemak, dan membantu membuat tubuh Anda merasa kenyang. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa, mengonsumsi buah ini dapat meredakan stres dan menurunkan hormon stres kortisol.

 

Sumber : https://www.merdeka.com/jatim/ini-9-buah-yang-baik-dikonsumsi-saat-berpuasa-jaga-tubuh-tetap-fit-kln.html?page=all

dari : Sub. Bag Program


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat