Berita

KUNJUNGAN STUDY BANDING DINKES KOTA PEKANBARU

Jumat Legi, 8 Maret 2013 10:06 WIB 3937

Kamis, 7 Maret 2013, Dinkes Kab. Bantul kedatangan tamu dari Kota Pekanbaru. Kunjungan dimaksudkan sebagai ajang study banding tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Dinkes dan Puskesmas. Rombongan Kota Pekanbaru sejumlah 28 orang dipimpin Kepala Dinkes yaitu dr. Rini, dan ikut serta pula dalam rombongan, Bapak Sekretaris Kota dan Assek III, Kepala Bidang pada Dinkes Kota Pekanbaru, Kepala Seksi dan Kepala Puskesmas beserta staf Sub Bagian Program. Standar Operasional Prosedur (SOP) adalah gambaran umum untuk karyawan tentang cara kerja (langkah/tata urutan kerja) yang harus dilakukan, yang dapat dipakai sebagai pegangan bila terjadi perubahan staf dan dapat digunakan untuk menilai efektifitas suatu sistem. Harus ada komitmen dalam mematuhi SOP, karena penyusunan SOP diawali dengan ditulis oleh yang melakukan dan sesuai dengan motto “kerjakan yang ditulis, tulis yang dikerjakan”. Dinkes Kab. Bantul telah menyusun SOP dan juga melakukan review SOP tersebut. Penyusunan SOP yang pertama telah terangkum sebanyak 119 SOP dan disyahkan dengan SK Kepala Dinas Kesehatan Nomor 900/2625 tanggal 18 September 2011. Setahun kemudian, dilakukan review SOP, dengan alur penyusunan berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 52, Tanggal 27 Juli 2012 tentang Pedoman Penyusunan Standar Operasional Prosedur (SOP) Penyelenggaraan Pemerintahan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul. Selanjutnya diperoleh sebanyak 138 SOP yang disyahkan dengan SK Kepala Dinas Kesehatan Nomor 900/665 Tanggal 2 Januari 2013 tentang Pemberlakuan Standar Operasional Prosedur (SOP) Pada Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Selain SOP Dinkes, 27 Puskesmas juga telah menyusun SOP. Jumlah seluruh SOP di Puskesmas sebanyak 3.361 SOP, yang jumlahnya bervariasi pada tiap-tiap Puskesmas, dan mencakup SOP administratif maupun teknis pelayanan rawat jalan maupun rawat inap. (Sub Bag Program)

Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat