Berita

Bantul Deklarasikan Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok

Kamis Wage, 23 Juni 2016 08:41 WIB 3319

foto

Bantul(Promkes)- Sosialisasi Peraturan Bupati Bantul no. 18 tahun 2016 ditandai dengan Deklarasi Kawasan Sehat Bebas Asap Rokok oleh Bupati  Bantul, Drs. H. Suharsono bersama sekitar 300 peserta yang terdiri dari Kepala SKPD, Kepala Puskesmas, Camat, Kepala Desa, BUMD, Ormas, LSM dan mitra kesehatan lainnya bertempat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Bantul pada hari Selasa (21/6/2016).

Dalam sambutannya Bupati Bantul menyatakan bahwa adanya peraturan ini dimaksudkan untuk mewujudkan Kabupaten Bantul sebagai kabupaten sehat, melindungi masyarakat terhadap risiko ancaman gangguan kesehatan akibat asap rokok, menurunkan angka kesakitan dan atau kematian akibat asap rokok dengan cara mengubah perilaku masyarakat untuk hidup sehat. Terdapat 9 kawasan sehat yang diharapkan bebas asap rokok meliputi rumah, fasilitas pelayanan kesehatan, sekolah, arena kegiatan anak-anak, tempat ibadah, angkutan umum, tempat kerja, tempat umum dan tempat pertemuan dimana dalam pelaksanaannya diperlukan dukungan dari pemerintah serta partisipasi aktif masyarakat.

Acara sosialisasi yang sekaligus merupakan peringatan Hari Tanpa Tembakau Sedunia tahun 2016 dikemas dalam bentuk Guyon Maton Matraman Yu Beruk, Joned dkk mengupas tuntas Seputar Bahaya Merokok bagi Kesehatan dan penjelasan tentang Perbup no.18 tahun 2016 dengan nara sumber dr. Pramudi Darmawan, M.Kes dari Dinas Kesehatan Kab. Bantul dan Gunawan Budi Santosa, S.Sos, MH dari Bagian Hukum Setda Bantul. (Dd)


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat