Berita

Terpilihnya 10 Orang Pelajar sebagai Duta GERMAS di Kabupaten Bantul

Rabu Wage, 30 November 2016 15:16 WIB 3214

foto

Berbagai upaya telah dilakukan Dinas Kesehatan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Kabupaten Bantul. Salah satunya dengan peluncuran program GERMAS. GERMAS (gerakan masyarakat hidup sehat) merupakan suatu tindakan yang terencana yang dilakukan secara bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas hidup. Pelaksanaan GERMAS fokus 2016-2017 adalah melakukan aktivitas fisik, makan sayur dan buah-buahan dan memeriksa kesehatan secara berkala.

Pada hari Kamis 17 November 2016 diadakan sebuah rapat evaluasi KKR (Kader Kesehatan Remaja) untuk pemilihan duta GERMAS dari pelajar tingkat SMP dan SMA perwakilan dari tiap kecamatan yang ada di Kabupaten Bantul. Rapat tersebut dipimpin oleh Gupianto Susilo selaku kasi promosi Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Didalam rapat itu membahas tentang 20 orang finalis dari 92 peserta dengan karya tulis terbaik yang telah diseleksi oleh tim juri. Sehingga 20 finalis tersebut pada hari Selasa 22 November 2016 wajib mempresentasikan karya tulis mereka didepan 14 anggota dewan juri yang telah ditentukan.

Audisi duta GERMAS dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten bantul mulai dari pukul 07.00 sampai selesai. Acara tersebut dihadiri oleh 92 orang peserta tingkat SMP dan SMA, 53 orang guru perwakilan dari masing-masing sekolah dan 25 orang perwakilan dari puskesmas pendamping. Dalam waktu 10 menit para finalis dipersilahkan untuk unjuk kebolehan dalam mempresentasikan karya tulis dengan tema yang mereka buat, dan melakukan tanya jawab dengan anggota dewan juri. Hasil audisi tersebut terpilihlah 5 orang pemenang dari tingkat SMP, dan 5 orang pemenang dari tingkat SMA. Sepuluh orang duta GERMAS tersebut diharapkan mampu menjadi motivator dan promotor kesehatan disekolah mereka dan dilingkungan sekitarnya. Sehingga mereka bisa berperan penting dalam menggerakan kemandirian masyarakat untuk hidup sehat sesuai dengan visi dan misi Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul.


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat