Berita

GERMAS (Gerakan masyarakat Hidup Sehat) DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANTUL

Rabu Wage, 30 November 2016 15:17 WIB 2754

foto

Pemberdayaan masyarakat dalam bidang kesehatan tidak lepas dari peran aktif masyarakat dan dukungan seluruh sektor pemerintahan yang terkait, organisasi kemasyarakatan, para pengambil keputusan dan pemangku kepentingan (Sake Holder) dalam menggerakan, memfasilitasi serta membantu masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang sehat secara mandiri.

Menkes menyampaikan bahwa tujuan GERMAS dalam kunjungannyan di Puskesmas Bangutapan II, Rabu 25 Oktober 2016 diantaranya menurunkan beban penyakit menular dan tidak menular, baik kematian maupun kecatatan, memghindari terjadinya penurunan produktivitas penduduk dan pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit.

Pada hari selasa, 22 November 2016 Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul telah mengadakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Guna mensosialisasikan program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul menggelar audisi pemilihan Duta GERMAS bagi pelajar ditingkat SMP dan SMA se- Kabupaten Bantul. Audisi Germas dilaksanakan di kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul dengan peserta sebanyak 92 orang pelajar.

Sebanyak 14 anggota dewan juri dari jajaran Dinas Kesehatan dan Dinas Pendidikan setempat dilibatkan dalam kegiatan ini untuk memilih sebanyak 5 orang Duta Germas untuk tingkat SMP dan 5 orang Duta Germas untuk tingkat SMA.

Dipilihnya pelajar sebagai duta dan sasaran dari program Germas ini diharapkan dapat menanamkan kesadaran tentang kesehatan dari usia remaja. Germas dimulai dengan 3 fokus kegiatan, yaitu meningkatkan aktivitas fisik, konsumsi sayur dan buah serta deteksi dini penyakit penyakit tidak menular.


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat