Berita

Bantul siap meraih Anugerah Parasamya

Jumat Pahing, 27 Januari 2017 15:19 WIB 3059

foto

Selasa, 24 Januari 2017 Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul mendampingi Setda Kabupaten Bantul menerima kunjungan Kementrian dalam negeri di Puskesmas Pajangan. Kunjungan rombongan dari Kementrian dalam negeri yang dipimpin oleh Kasubdit Kapasda, Dit. EKPKD, Ditjen Otda, Bapak Gensly merupakan serangkaian kegiatan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EKPPD) yang telah berlangsung semenjak senin, 23 Januari 2017. Tim EKPPD telah diterima Bupati di Gedung Induk dan telah mendapatkan informasi tentang penyelenggaraan pemerintah daerah kab.bantul oleh Sekretaris daerah kab.bantul.

Puskesmas Pajangan dipilih sebagai salah satu pelayanan dasar pada masyarakat yang dikunjungi pada kegiatan ini. Sebelumnya rombongan bersama Bapak Gensley mencermati layanan di SD Ngrukeman dan SMP N 1 Pandak pada kunjungan hari kedua. 

Dituturkan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul, drg. Maya Sintowati Pandji, MM bahwa Puskesmas Pajangan merupakan salah satu potret Puskesmas di Kabupaten Bantul. “Gambaran layanan dasar pada masyarakat di unit pelayanan kesehatan di Kabupaten bantul dapat dilihat di Puskesmas Pajangan” tutur drg. Maya

Kepala Puskesmas Pajangan, dr. Lucia Sri Rejeki antusias menjelaskan layanan yang ada di Puskesmas Pajangan. Tim mengunjungi pendaftaran computerized dan telah terbridging dengan p-care BPJS.  Dijelaskan oleh dr Lucia Sri Rejeki bahwa Puskesmas Pajangan dengan kegiatan inovasi pelayanan kekerasan terhadap perempuan dan anak  serta Sahabat Edukasi Remaja (SETARA)  telah meraih Akreditasi paripurna. Kegiatan inovasi ini diprakasi oleh lucia dan jajarannya karena pernikahan dini di kecamatan Pajangan cukup tinggi. Saat ini sudah ada 90 konselor remaja yang telah dilatih dan mampu menjadi pendidik sebaya.

dr. Lucia juga menuturkan Gerakan msyarakat hidup sehat sudah mendarahdaging di setiap kegiatan kami sehingga kali ini berupa aneka buah lokal dan pecel serta minuman tradisional “wedang uwuh“memberikan warna tersendiri.

Pada akhir sesi evaluasi Bapak Gensly menyatakan apresiasi untuk Puskesmas Pajangan yang telah memberikan layanan yang baik kepada masyarakat.

. (YAP)


Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat