Berita

Dinkes lakukan Pengukuran Kebugaran Jasmani Bagi Calon Jamaah Haji 2017

Ahad Wage, 9 April 2017 08:47 WIB 3366

foto
dr Rr Anugrah Wiendyasari, Kasie Kesga gizi, Bidang Kesehatan Masyarakat (Kesmas) Dinkes Bantul saat memberikan konsultasi dengan salah satu Calhaj pada Sabtu, 8 April 2017

Bantul, Promkes-Sebanyak 1006 calon jemaah haji (Calhaj) tahun 2017 asal Kabupaten Bantul melaksanakan tes kebugaran kesehatan di Halaman Dinas Kesehatan (Dinkes) Bantul, Sabtu(8/4) pagi. Pemeriksaan ini dilakukan dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan pada Sabtu pagi, 8 April 2017 dengan perserta 500 Calhaj. Kemudian disusul gelombang selanjutnya pada keesokan harinya, Minggu 8 April 2017 dengan jumlah 506.

“Dengan kegiatan ini kami dapat melihat kebugaran serta kesehatan para calon Jemaah haji, sehingga para calon haji dapat memiliki kondisi kesehatan yang optimal menjelang keberangkatan sampai kembalinya di kampung halaman,” papar I Nyoman Gunarso, S.Psi, M.Psi, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat (Kabid Kesmas).

Ketua Panitia Penyelenggara Tes Kebugaran Jasmani Calon Jamaah Haji Kabupaten Bantul, Yanatun Yunadiana, S.Si, M.Si menjelaskan, dalam kegiatan ini dilakukan beberapa pengecekan antara lain, pemeriksaan (tinggi badan (TB), berat badan (BB), Indeks Masa Tubuh (IMT), tensi ddarah (TD)&nadi,tes kebugaran dengan berjalan kaki sepanjang 1,6 kilometer (4 kali putaran), dan terakhirpemeriksaan&konsultasi dokter.

Salah satu Calhaj Sumadi dari Desa Karangsari, Banguntapan mengungkapan kegiatan ini sendiri sangat penting untuk persiapan keberangkatan. Karena baginya persiapan tidak hanya secara materi (ibadah) namun juga secara fisik dan mental yaitu dengan menjaga kesehatan.

“Saya tak hanya di cek kesehatanya tapi disini saya mendapat konseling berkaitan tips menjaga kesehatan agar tetap fit (sehat-red). Dan untuk persiapan keberangkatan saya rutin melakukan pengecekan kesehatan di puskesmas terdekat, Puskesmas Banguntapan III, “ tambahnya.

Dalam kegiatan ini Dinkes melibatkan 77 orang, mereka adalah 7 dokter, 5 nutrisionis, 14 paramedis, 3 instrukstur senam, 10 pemandu jogging, 4 tim P3K (Puskesmas Banti I, Puskesmas Bantul II, Puskesmas Kretek, dan Puskesmas Sanden), dan selebihnya adalah sekertariatan, dokumentasi, perlengkapan, pengatur alur, pemandu dan konsumsi.  Demi kelancaran acara ini Dinkes juga dibantu oleh Petugas Keamanan & Ketertiban dari Dinas Perhubungan, Polsek Bantul, Polsek Jetis, Satpol PP dan radio Komunikasi Dinkes. (YA)

Baca: Puskesmas Sanden Ajak Tokoh Agama Cegah PTM



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat