Berita

Bupati Brebes Ajak Dinkes Brebes Studi Banding ke Dinkes Bantul

Selasa Legi, 11 April 2017 07:43 WIB 2968

foto
Foto bersama Wakil Bupati Bantul, Bupati Brebes, Kepala Dinkes Bantul, Kepala Dinkes Brebes bersama rombongan Dinkes Brebes usai studi banding tentang penekanan kematian ibu dan bayi. Promkes/YA

Bantul, Promkes- Kamis lalu (6/4), Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, A.Md., S.E bersama Jajaran Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes melakukan studi banding di Dinas Kesehatan Kabupaten Bantul. Bertepatan di Hall Husada rombongan sebanyak 55 orang diterima oleh Wakil Bupati Kabupaten Bantul, H. Abdul Halim Muslih didampingi oleh Kepala Dinkes drg. Maya Sintowati Pandji, MM.

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, A.Md., S.E pada sambutanya mengungkapan, tujuan kunjungan kali ini adalah ingin mengetahui upaya Dinkes Bantul dalam rangka menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Bantul dengan pendekatan DB4MK. Karena di Brebes pada tahun 2016, kasus kematian ibu di Kabupaten Brebes mencapai 54 orang sedangkan kasus kematian bayi mencapai 444 bayi.

“Ini berarti, AKB mencapai 13,3 per 1000 kelahiran hidup. Sedangkan AKI tidak bisa dihitung karena ibu yang melahirkan di Brebes tidak mencapai 100.000 orang,” jelas Idza.

Wakil Bupati Bantul H Abdul Halim Muslih mengakui, persoalan kesehatan di Bantul yakni berupa kasus gizi buruk dan endemisitas (DBD-Demam berdarah Dengue). Sehingga Pemkab bersama Dinas Kesehatan dan OPD terkait menerapkan kebijakan dan strategi yang dilaksanakan secara bersama oleh untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI), Angka Kematian Bayi (AKB), Gizi Buruk maupun DBD, meningkatkan Umur Harapan Hidup (UHH) serta Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) .

drg. Maya Sintowati Pandji, MM Kepala Dinkes Kabupaten Bantul menegaskan Dinkes Bantul pada tahun ini berkomitmen untuk menargetkan three zero (AKI akibat pendarahan, kematian akibat DBD, AKB akibat gizi buruk) dengan program unggulan DB4MK dan program inovasi bidang kesehatan lainnya.

“Kami tertarik dengan beberpa program di Bantul terutama DB4MK, namun semuanya harus disesuaikan dengan muatan local yang ada di Brebes,” ujar dr. Sri Gunadi Parwoko, M.Kes Kepala Dinas Kabupaten Brebes.

Baca: Promkes Kumpulkan 40 Warga Bantul untuk Mengikuti Bimtek DB4MK

Kunjungan rombongan Dinas Kesehatan Brebes di Bantul diakhiri dengan meninjau kondisi Puskesmas Bambang Lipuro. Dimana Puskesmas tersebut telah menerapkan sistem pelayanan kesehatan yang terstandar akreditasi Kementrian Kesehatan (Kemenkes) dengan beberapa program kesehatan inovasinya . (YA)

Baca Juga: Upaya Penanggulangan Gizi Buruk Dinas Kesehatan Kab. Bantul



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat