Berita

IAD gandeng Dinkes Bantul adakan Posbindu PTM di Pertemuan Konsultasi Wilayah DIY

Rabu Wage, 19 April 2017 08:22 WIB 2693

foto
Salah satu peserta Pertemuan Konsultasi IAD Wilayah D. I Yogyakarta melakukan skrining kesehatan pada Selasa, 18 April 2017. Promkes/YA

Bantul, Promkes- Ikatan Adhiyaksa Dharmakarini (IAD) Kejaksaan Negeri (Kajari) Bantul mengajak Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bantul, Puskesmas Bantul I dan Puskesmas Bantul II melakukan Posbindu PTM dalam kegiatan Pertemuan Konsultasi IAD Wilayah DIY, pada Selasa ini (18/4). Pertemuan Konsultasi (PK) ini merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan tiga bulan sekali.

Kadek Sustiningrum Ketua IAD Bantul menjelaskan kegiatan ini merupakan ajang silaturahim sekaligus perkenalan anggota IAD baru dan konsultasi dan sharing kendala yang dihadapi di IAD daerahnya masing-masing kepada Ibu Ketua IAD wilayah.

“ini adalah terobosan baru yang dilakukan IAD daerah Bantul dalam rangka mensukseskan program pemerintah berkaitan dengan Germas. Selain itu saya cukup aware terhadap gizi dan kesehatan sehingga kegiatan cek kesehatan dan penyuluhan kesehatan menjadi hal yang sangat bermanfaat demi kesehatan keluarga Kejari dan IAD Bantul,” jelas Kadek Sustiningrum Ketua IAD Bantul saat ditemui tim Promkes Dinkes Bantul di Ruangan Kepala Kajari Bantul.

Seksi Pengendalian Penyakit Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa (P2PTM Keswa) sebagai bagian garda terdepan bidang pengendalian PTM mengadakan pemeriksaan kesehatan  serta penyuluhan berkaitan PTM. Dalam pemeriksaan kesehatan ini Dinkes menugaskan 3 dokter dan 10 petugas kesehatan lainnya, guna melayani 100 orang.

“Posbindu PTM merupakan upaya yang dilakukan pemerintah dalam rangka pengendalian PTM agar masyarakat senantiasa sehat. Karena jumlah penderita PTM semakin meningkat maka dari itu perlu adanya deteksi dini guna mengurangi factor risiko,” ujar dr Karmijono Pontjo W Kasie P2 PTM.

Pemeriksaan kesehatan yang dilakukan oleh Dinkes meliputi, wawancara (penggalian informasi factor risiko), pengukuran (berat badan, tinggi badan, Indeks Masa Tubuh (IMT), lingkar perut, tekanan darah, pemeriksaan gula darah&kolester), konseling dan penyuluhan mengenai Penyakit Tidak Menular(PTM). (YA)

Baca: Puskesmas Sanden Ajak Tokoh Agama Cegah PTM

 



Pelayanan Dinas Kesehatan
  1. Pelayanan Permintaan Data
  2. Pelayanan Perijinan dan Rekomendasi
  3. Pelayanan Permintaan TIM PPPK
  4. Pelayanan Fogging Focus Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue
  5. Pelayanan Praktek Kerja Lapangan dan Mitra Eksternal
  6. Pelayanan Pemeriksaan Kualitas Air Bersih dan Air Minum dalam rangka Pengawasan Kualitas Air di Kabupaten Bantul
  7. Pelayanan Respon Cepat terhadap Pelaporan Dugaan Kejadian Luar Biasa oleh Masyarakat